TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Sudah tiga tahun terakhir ini pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menumpang di SMA sederajat karena terkendala fasilitas komputer dan jaringan internet.
“Dinas Pendidikan tidak punya anggaran untuk pengadaan komputer, makanya banyak sekolah yang menumpang UNBK,” kata Kadisdik Tanjungpinang, Dadang Abdul Gani, di Tanjungpinang, Senin (22/4).
Menurut Dadang, total sekolah yang ikut UNBK tahun ini sebanyak 23 sekolah, terdiri dari 12 sekolah negeri dan 11 sekolah swasta, dengan jumlah peserta 3.649 siswa.
“Hanya SMPN 1 Tanjungpinang dan beberapa sekolah swasta yang melakukan UNBK secara mandiri,” ungkapnya.
Oleh karena itu, lanjut Dadang, pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, supaya ke depan seluruh sekolah sudah bisa menyelenggarakan UNBK.
“Kalau tidak bisa beli komputer, paling tidak sediakan laptop,” imbuhnya.
Selain itu, Dadang turut mengharapkan Pemprov Kepri berbaik hati membantu pengadaan komputer untuk SMP di Tanjungpinang. Meski kewenangan pemprov sebatas sekolah tingkat SMA/SMK.
“Kita bisa carikan formulanya kalau memang pemprov sudi membantu,” tuturnya.
Sementara, Sekretaris Daerah Tanjungpinang, Riono, mengakui keterbatasan anggaran menjadi penyebab banyak sekolah tidak bisa UNBK.
Kendati demikian, pihaknya secara bertahap akan berupaya memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana UNBK di tiap-tiap sekolah sesuai dengan kemampuan APBD.
Sejauh ini, kata Riono, sejumlah sekolah sudah menyiapkan sarana seperti lokal kosong untuk penempatan fasilitas UNBK.
“Kami tinggal mengisi saja, mudah-mudahan segera terealisasi karena itu jadi prioritas wali kota,” ucap Riono saat memantau UNBK SMPN 6 Tanjungpinang yang berlangsung di SMAN 4 Tanjungpinang, Senin pagi.
Sebanyak 209 siswa dari SMPN 6 menumpang ujian di SMAN 4. UNBK berlangsung mulai dari tanggal 22-25 April 2019.
“Dalam satu hari ujian terbagi menjadi dua sesi. Pagi dan siang,” sebut Kepala Sekolah SMPN 6 Tanjungpinang, Irmalinda.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here