TANJUNGPINANG SIJORITODAY.com — Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, menyatakan sudah membentuk Tim Siluman untuk mengantisipasi aktivitas balap liar di wilayah setempat selama bulan suci Ramadan.
“Kita akan berupaya maksimal menekan kegiatan balap liar saat Ramadan, agar umat muslim yang melaksanakan ibadah tidak terganggu,” kata Ucok, Senin (6/5).
Ucuk menjelaskan, Tim Siluman tidak hanya bertugas menangkap aksi balap liar di lokasi, tetapi juga ditugaskan secara khusus untuk mencatat nomor polisi (nopol) kendaraan yang terlibat dalam aksi balap liar.
“Kita akan panggil orangtuanya, guru, serta pemilik kendaraan. Karena rata-rata yang tetlibat balap liar itu pelajar SMP dan SMA,” ungkapnya.
Upaya itu, lanjutnya, selama ini dinilai cukup efektif untuk meredam kegiatan balap liar di Tanjungpinang khususnya di bulan Ramadan.
Dia juga menyatakan, untuk mencegah adanya aktivitas balap liar, Polres Tanjungpinang telah mendorong organisasi otomotif seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kepri, untuk menggelar iven-iven otomotif yang resmi dalam rangka menyalurkan minta dan bakat anak-anak motor di daerah tersebut.
“Dengan begitu bakat mereka tersalurkan ke jalur yang positif. Karena saya lihat mereka punya kemampuan di bidang itu,” sebut Ucok.
Ucok juga mengklaim, dalam beberapa tahun terakhir ini aksi balap liar yang biasanya digelar di Jalan Pulau Dompak dan Jalan Basuki Rahmat, Tanjungpinang, sudah jauh berkurang.
Khusus bulan Ramadan ini, kepolisian bersama aparat TNI juga akan gencar melakukan razia balap motor di beberapa lokasi yang telah ditentukan, tujuannya ialah menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama puasa.
“Kalau ada pengaduan atau laporan terkait balap liar maupun aksi kejahatan lainnya bisa menghubungi call center 110 atau web Polres Tanjungpinang,” imbuhnya.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here