TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Dinas Pendidikan Provinsi Kepri sudah melakukan penyerahan dan penerimaan hasil Ujian Nasional (UN) SMP/MTs tahun pelajaran 2018/2019 kepada Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) kota dan kabupaten se-Kepri. Laporan yang diterima langsung dari pusat untuk dteruskan ke setiap kabupaten/kota se-Kepri.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri DR Dali mengatakan, naik turunnya nilai UN para siswa dari tahun ke tahun, hendaknya menjadi bahan evaluasi dan upaya meningkatkan mutu pendidikan ke depan.

Yang penting untuk menigkatkan objektifitas UN tahun berikutnya, sesuai dengan permendiknas nomor 75 tahun 2009 tentang ujian nasional, tetap dilakukan berbagai upaya terobosan pembelajaran siswa agar terus terjadi peningkatan nilai.

Sesuai fakta pelaksanaan UN, baik itu SMA sederajat dan SMP sederajat telah berlangsung secara obyektif, berkeadilan dan akuntabel. Khususnya untuk SMP sederajat pelaksanaan Ujian Nasional secara umum berjalan aman dan lancar sampai pada penerimaan hasil UN.

DR Dali menambahkan, secara umum, nilai UN bisa jadi bahan pemetaan mutu pada satuan pendidikan, terutama untuk mata pelajaran dan kualitas guru.

“Walaupun ujian nasional tidak jadi patokan standar kelulusan siswa, namun tetap saja penting untuk menjadi evaluasi bagi guru dalam memantapkan kualitas pelajaran di tahun ajaran yang berjalan ini,” advis Dali.

Dimana, apabila ada kelemahan-kelemahan yang terjadi pada tahun ini, bisa menjadi evaluasi kembali untuk diperbaiki. Hal ini juga menjadi evaluasi bagi pengawas untuk meningkatkan pengawasan dalam upaya majunya mutu pendidikan dari segi kuantitas dan kualitasnya.

“Secara keseluruhan dunia pendidikan di Kepri, mengenai metode pengumuman kelulusan, sekolah diharapkan bisa mencegah kejadian yang tidak diinginkan, dengan terus melakukan berbagai upaya dalam menciptakan siswa yang memiliki, yang terlihat dari kualitas nilai-nilainya,” support Dali.

Terlihat dari lampiran data statistik nilai UN, disimpulkan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional di tingkat SMP MTs Sederajat termasuk kategori baik. Hal ini tentu sangat menggembirakan bagi upaya standarisasi pendidikan di Provinsi Kepri, dimana tingkat kecurangan ujian tidak ada, dalam artian lewat laporan resmi atau pun lainnya.

Statistik Pengumuman Hasil UN SMP-MTS

Laporan Hasil nilai Ujian Nasional SMP MTs seluruh indonesia per-Provinsi Kabupaten/Kota secara , khususnya di Provinsi Kepri. Rangkuman Statistik Pendidikan (RSP) Tahun 2018/2019. Statistik ini disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tabel-tabel yang disajikan dalam rangkuman statistik ini menurut tingkatan dan jenis sekolah.
(Kn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here