TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Pengurus Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Kota Tanjungpinang telah resmi dikukuhkan oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dalam serangkaian acara pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan dan Perawatan Perpustakaan Sekolah di Aula Bulang Linggi, Jumat (6/9) pagi.

Kepengurusan ATPUSI Kota Tanjungpinang periode 2019-2023 ini kembali dinakhodai oleh Fakhriyansyah, S.Pd dengan komposisi pengurus sebagian merupakan wajah baru yang berasal dari pengelola perpustakaan SD, SMP, SMA dan SMK se-Kota Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus ATPUSI Kota Tanjungpinang yang telah dikukuhkan. Ia berharap ATPUSI menjadi wadah untuk para pengelola perpustakaan sekolah berbagi informasi, pengalaman dan bertukar informasi tentang perpustakaan.

“Saya harapkan ATPUSI benar-benar berperan aktif dalam memberikan informasi, pencerahan dan motivasi untuk pengelola perpustakaan sekolah, agar SDM perpustakaan sekolah mampu bekerja secara optimal, kompeten dan profesional, meskipun saya mengetahui bahwa hampir dari seluruh pengelola perpustakaan sekolah merupakan juga bertugas sebagai guru,” ungkapnya.

Terkait rangkap tugas, Syahrul mengatakan itu adalah hal biasa karena masih belum tersedia tenaga yang banyak untuk fokus sebagai pengelola perpustakaan.

“Meskipun rangkap tugas, saya berpesan jalankan tugas dan fungsi untuk memajukan perpustakaan sekolah dan teruslah berinovasi, untuk itulah ATPUSI hadir dalam membantu, memfasilitasi dan memudahkan pengelola perpustakaan sekolah,” ujar Syahrul.

Sementara Fakhriyansyah, S.Pd, Ketua ATPUSI Kota Tanjungpinang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Tanjungpinang, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang dan Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang yang telah memberi laluan kepada ATPUSI Kota Tanjungpinang dalam berkiprah selama ini.

“Saya dikukuhkan sebagai Ketua ATPUSI Kota Tanjungpinang untuk periode kedua, di awal terbentuknya ATPUSI ini saya bersama rekan-rekan sudah melakukan banyak hal seperti memonitoring seluruh perpustakaan sekolah se-Kota Tanjungpinang dan bekerjasama dengan stakeholder untuk memajukan perpustakaan, untuk itu di periode kedua ini saya ingin ATPUSI kembali memiliki peran penting agar perpustakaan sekolah benar-benar maju dan merata,” ungkap Fakhri.

Ia juga mengatakan, di periode kedua ini dirinya beserta rekan-rekan ATPUSI Kota Tanjungpinang memiliki tugas yang semakin berat dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi pengelola perpustakaan sekolah.

“Tugas kami di periode kedua ini semakin berat, karena di periode pertama kami sudah menjadi pelopor dalam keseragaman administrasi perpustakaan. Di periode kedua ini kami akan membuat program-program yang bermanfaat untuk seluruh pengelola perpustakaan sekolah,” pungkasnya.

Seusai dikukuhkan oleh wali kota, Fakhri beserta seluruh pengurus ATPUSI Kota Tanjungpinang yang baru langsung melakukan rapat koordinasi dan silaturahmi untuk membahas berbagai hal terkait program kerja yang akan direncanakan secara bersama-sama.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here