TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Peran Bunda PAUD sebagal figur tokoh sentral gerakan nasional. PAUD berkualitas di Indonesia dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan advokasi, layanan PAUD Holistik Integratlf yang mencakup perawatan, pengasuhan, kesehatan gizi, pendidikan, perlindungan dan kesejahteraan anak usia dini.

Terkait hal ini, Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang menggelar acara Apresiasi dan Fasilitasi Kegiatan Bunda PAUD Kota Tanjungpinang yang dibuka secara resmi oleh Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd di Hotel Sampurna Jaya, Rabu (4/9).

Syahrul dalam sambutannya mengatakan Bunda PAUD menjadi ujung tombak dalam membangun karakter anak, pentingnya sebuah pendidikan untuk anak menentukan sikapnya pada saat dewasa nanti. Sebab Pendidikan Anak Usia Dini wajib bagi anak diutamakan untuk membentuk karakter yang baik sejak kecil hingga dewasa.

“Tanggung jawab bunda PAUD juga sangat besar karena mereka harus mampu menjalin kerjasama dengan pendidik, memberikan apresiasi dan fasilitasi terhadap bunda PAUD dengan ilmu dan wawasan yang di peroleh agar bunda PAUD dapat mengimplementasikan hal tersebut dalam penyelenggaraan PAUD di wilayahnya,” ungkapnya.

Lanjut Syahrul, peran serta Bunda PAUD dalam mengembangkan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayahnya masing masing adalah tugas mulia kanena karena anak-anak dipersiapkan untuk menjadi generasi yang cerdas dan berkarakter pada tahun 2045.

“Keberhasilan anak usia dini merupakan landasan keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya usia dini merupakan ‘usia emas’ bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohaninya, maka ia akan memperoleh kesiapan belajar yang baik yang merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya,” lanjut Ayah Syahrul.

Diakhir sambutannya, Syahrul mengajak semua komponen masyarakat untuk berjalan seiring serta saling bergandengan tangan dalam menyiapkan generasi emas Tanjungpinang untuk masa depan yang lebih sejahtera. “Melalui kegiatan ini saya berharap kepada seluruh Bunda PAUD se-Kota Tanjungpinang untuk dapat berperan aktif serta mempromosikan diri sebagai motivator dalam mendukung program PAUD, serta lebih berinovasi dalam mengembangkan program-program PAUD di wilayahnya masing-masing sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal,” pungkasnya.

Kegiatan ini berlangsung mulai 4-6 September 2019 di Sampurna Jaya Hotel. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu Lomba Pusat Kegiatan Gugus, Lomba Bunda PAUD Kelurahan dan Lomba Bunda PAUD Kecamatan.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Bunda PAUD Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. H. Atmadinata, M.Pd, Dewan Juri yang berkompeten, Kepala TK dan Pengelola PAUD.

(Hum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here