ANAMBAS, SIJORITODAY, com – – Operasi Patuh seligi 2019 Satlantas Polres Anambas hari ke XIII (ketigabelas) di jalan Raja Ali Haji Fisabilillah, Pasir Peti, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan, berlangsung Aman, Selasa (10/09/19).

Sebelum melaksanakan Giat, Sekira pukul 09.30 WIB, Satlantas Polres Anambas Melaksanakan Acara Arahan Pimpinan (AAP), dan selanjutnya Melaksanakan penindakan kepada pelanggar lalunlintas dengan memberikan teguran lisan maupan tertulis (Blangko teguran).

“Terdapat 16 pelanggar di hari ke XIII (ketiga belas) ini,” ucap Kasatlantas Anambas IPTU Boston Butarbutar.

Dijelaskannya, pelanggaran (Gar) yang terjaring hari Ke XIII ini berjumlah 16 orang dengan keriteria Tanpa Helm 7 Gar, tanpa Kelengkapan surat kendaraan 4 Gar, Pengendara di bawah umur 1 Gar, Berboncengan lebih dari satu orang 1 Gar, Melawan Arus 1 Gar, dan Kendaraan Roda e Empat dengan pelanggaran Safety Belt berjumlah 2 Gar.

Kasatlantas juga memberikan himbauan dan pesan-pesan Dikmas Lantas kepada pengguna jalan umum, baik itu Pelajar, PNS, dan masyarakat umum dan disertai pengambilan dokumentasi kepada pelanggar demi terciptanya Keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas.

“Kepada masyarakat pengguna jalan umum yang terjaring Operasi Patuh Seligi 2019 terhitung mulai tanggal 29 Agustus 2019 s/d 11 September 2019 bagi pelanggar yang terjaring diberikan teguran dan dihimbau agar masyarakat tidak melakukan pelanggaran lalulintas, dan hendaknya mematuhi aturan Lalu lintas sebagaimana diamanatkan dalam UU No.22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan jalan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, melalui giat ini pihak kepolisian juga menghimbau kepada para pengendara agar menggunakan Helm yang berstandar SNI, Knalpot Standard, Fungsi Rem Kendaraan, dan Berboncengan tidak lebih dari satu orang, melengkapi surat kendaraan maupun surat-surat pribadi pengendara, masyarakat dalam mengendara jangan melawan arus Lalulintas agar terhindar dari resiko kecelakaan di jalan umum.

Dikatakannya, hasil yang ingin dicapai untuk menumbuhkan kesadaran kepada pengguna jalan akan pentingnya mematuhi aturan Lalulintas demi keselamatan di jalan umum. Pengguna jalan (Pengendara roda 2 maupun roda 4) menyadari akan kewajiban bersama dalam menjaga Kamseltibcar lantas agar tidak menjadai korban sia-sia dalam laka lantas di jalan umum.

“Dijalan umum perlu adanya erika berkendara sesama pengguna jalan baik pejalan kaki maupun dan pengendara. Selama kegiatan berlangsung situasi aman, tertib, dan lancar,” tutupnya.

(Bg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here