ANAMBAS, SIJORITODAY.com – Dinas Perikanan, Perikanan dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan Tradisional Anambas, salah satunya dengan cara memberikan bantuan Pompong Laut sekaligus dengan berbagai perlengkapan pendukung seperti Tali Pancing, Radio, Radar dan berbagai peralatan lainnya.

“Program ini dijalankan sejak beberapa tahun lalu, untuk mendapatkan bantuan Pompong terlebih dahulu mereka (nelayan) membuat kelompok,” Ucap Syamsuherman, Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan di Dinas DP3 Anambas, Senin (30/09/19).

Selain Pompong lanjut Dia, tahun 2019 Kelompok Nelayan Anambas juga mendapatkan berbagai macam perlengkapan penunjang lainnya seperti Radio, dan itu dikasi secara cuma-cuma.

“Bukan hanya Pompong laut, Tahun ini nelayan kita juga mendapatkan bantuan Radio supaya masyarakat nantinya bisa berkomunikasi sesama mereka di laut, karena radio sudah barang tentu dibutuhkan oleh mereka,” Tambahnya.

Kali ini kata dia, bantuan Pompong untuk nelayan tradisional Anambas agak sedikit berbeda dengan tahun sebumnya, namun ditahun ini mengalami peningkatan pada jumlahnya.

“Kalau dulu lebih di perlengkapannya, tapi kali ini perlengkapannya memang berkurang, tapi Unit Pompongnya yang lebih banyak,” Jelasnya lagi.

Menurut Syamsuherman, Pemerintah baik Daerah maupun Pusat terus berupaya meningkatkan ekonomi nelayan Tradisional melalui bantuan berupa Pompong dan Perlengkapannya, itu dibuktikan dengan banyaknya bantuan yang dikucurkan setiap tahunnya.

“Tahun 2017 bantuan Pompong yang dikucurkan berjumlah 10 Unit, ditahun 2018 berjumlah 10 Unit, dan untuk tahun 2019 ini, kelompok nelayan mendapatkan bantuan Pompong sebanyak 16 Unit,” Paparnya.

Dalam waktu dekat kata dia, Pompong dan Radio tersebut akan dibagikan secara serentak ke kelompok nelayan yang telah dinyatakan memenuhi syarat oleh DP3 Anambas.

“Secepatnya bantuan ini akan kita bagikan ke Kelompok Penerima, Untuk itu kita berharap soga bantuan yang diberikan bisa membantu meningkatkan perekonomian nelayan kita,” Harapnya. (Bg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here