ROKAN HILIRSIJORITODAY.COM – Bupati Rokan Hilir, H.Suyatno AMp Resmi membuka Rapat Koordinasi Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang diadakan di Aula Gedung H.Misran Rais, bertempat di Jalan Utama, Senin (28/10/2019) Bagan Siapiapi, pukul 10:56 wib.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Bupati Rohil, Suyatno selalu memerintahkan peningkatan sinergitas untuk para semua pihak yang terkait agar bisa optimalisasi upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, pelibatan masyarakat dan optimalisasi penegakan hukum.

Pada rapat ini turut dihadiri dari berbagai peserta yang datang Wakil Bupati Rohil, Jamaludin, Dandim 0321 Rohil Agung, Kapolresta Muhammad Mustofa, Camat Bangko Rijallul, Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD_ROHIL), Penghulu se kabupaten Rohil, insan pers serta lainnya.

Bupati Rokan Hilir mengatakan “Berbagai upaya yang telah kita lakukan, baik itu dari pihak TNI dan POLRI sangat aktif dalam menanggapi kebakaran hutan dan lahan, saya apresiasi, mudah mudahan kedepan Rokan Hilir ini tingkat kebakaran tidak begitu luas, “ucap Suyatno.

Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi S,I.P.MI.Pol, memaparkan evaluasi pencegahan dan penanganan Karhutla Subsatgas 10 Kodim 0321/Rohil.

Disampaikan dalam paparannya, secara umum kegiatan pencegahan terkait dengan patroli, sosialisasi tentang bahaya Karhutla dan Karya Nyata Demplot sudah berhasil dilaksanakan dan mampu merubah sebagaian besar masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan atau lahan.

“Kedepan perlu ditingkatkan pencegahan dan penanganan secara terpadu dari unsur TNI, Polri, Pemda, BNPBD dan segala komponen masyarakat lainnya karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya.

Dandim 0321/Rohil juga menghimbau agar Perusahaan Kelapa Sawit (PKS) ikut berperan aktif dan membantu masyarakat di sekitar PKS nya dengan membuat kanal dan embung. Himbauan juga ditujukan kepada para Kepala Desa dan Kepenghuluan untuk ikut memelihara kelembaban lahan gambut dengan pembuatan kanal dan embung yang juga berfungsi sebagai sumber air dan dioptimalkan dalam perikanan.

Dandim juga menyarankan kepada Pemerintah daerah agar memberikan sanksi tegas berupa pembatalan HGU atau Hak pakai bagi pihak korporasi dan SKT bagi warga masyarakat yang terbukti melakukan pembakaran lahan.

Bupati Rohil Suyatno menerima saran-saran tersebut dan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI, Polri dan tim subsatgas gabungan lainnya atas segala kerja kerasnya dalam menangani Karhutla di wilayah Rohil.

“Saya akan dukung mobil- mobil patroli kepada Koramil-Koramil jajaran Kodim 0321/Rohil dan Polsek-Polsek jajaran Polres Rohil” tegas Bupati. Hal itu untuk mendukung mobilitas dan kecepatan penanganan Karhutla kedepan,” pungkasnya.

(Alek)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here