TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.COM – Dewan Pers melalui Ketua Komisi Pendataan kembali memverifikasi Faktual puluhan media daring di Kepulauan Riau, termasuk media daring Sijoritoday.com yang beralamat Komplek Ruko D’Green City Blok D Nomor 8 Jl Aisyah Sulaiman Batu Delapan Atas, Tanjungpinang, Kepri, Jumat (01/11/2019).

Kedatangan Dewan pers yang diwakili oleh Ketua Komisi Pendataan, Ahmad Djauhar didamping administratornya Uci disambut langsung oleh Pemimpin Redaksi Sijoritoday.com, Ambok Akok dan Redaktur Taufik Kurahman.

Ahmad Djauhar mengaku banyak memverifikasi Faktual media daring di Kepri, ia menyatakan temuannya terlalu banyak media yang ada di Kepulauan Riau.

“Temuan kami di Kepulauan Riau ini terlalu banyak media, terbanyak kedua setelah DKI Jakarta, ada 87 Media dengan hanya penduduk segini (yang jumlah penduduknya tidak besar dengan DKI Jakarta),” ujarnya.

Ia juga menyatakan tujuan diadakan verifikasi faktual oleh dewan pers untuk mengurangi modus membuat media sebagian besar hanya untuk kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Tujuannya untuk mengurangi modus media-media yang dibuat hanya sebagian besar untuk berkerjasama dengan Pemda dalam artian ikut menggerogoti Dana kepentingan rakyat,” katanya.

Ia menambahkan seharusnya bikin media sebagus mungkin untuk menarik masyarakat membaca media tersebut, kemudian bisa setelah itu mempromosikan produk masyarakat.

“Itu subtansi membuat media, kalo ditempat saya bagian Jawa sama sekali tidak ada kerjasama dengan Pemda, kami banting tulang nyari iklan sendiri untuk menghidupi perusahaan,” tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa verifikasi faktual ini merupakan inisiatif dari dewan pers tanpa ada media-media yang mau melakukan verifikasi faktual medianya.

“Verifikasi faktual ini inisiatif dari dewan pers, karena tugas dari kami, tidak ada didanai dari media lain, itu tidak boleh,” ucapnya.

Djauhar juga menyampaikan sudah ada media yang mendapatkan sertifikat verifikasi faktual.

“Dari Kepri sudah ada media yang mendapatkan sertifikat verifikasi faktual beberapa waktu yang lalu,” tutupnya.

Dewan pers dalam hal ini juga memverifikasi Majalah Radar Satu yang penanggung jawabnya adalah sama dengan Sijoritoday.com.

(Ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here