TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Kantor Bea dan Cukai Tanjungpinang, Kepulauan Riau memusnahkan barang milik negara eks kepabeanan dan cukai senilai Rp845 juta di Tempat Pembuangan Akhir Ganet, Tanjungpinang, Senin (9/12).

Barang tersebut merupakan hasil tegahan tahun 2018 dan 2019 yang telah mendapatkan persetujuan dari Kantor Pelayanan Negara dan Lelang Batam.

Barang yang dimusnahkan terdiri dari 1.935.578 batang rokok, 664,9 liter minuman mengandung ethil alkohol, 132 unit handphone, 280 buah kasur, serta barang lainnya seperti, pakaian bekas, parfum, sex toys, barang elektronik dan sparepart, perkakas, dan barang lainnya.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar, dilindas dengan alat berat untuk MMEA, kemudian ditimbun dalam tanah sehingga tidak memiliki nilai ekonomis lagi dan/atau tidak dapat dipergunakan lagi sebagaimana fungsi utamanya.

“Potensi kerugian negara berupa bea dan masuk pajak yang harus dibayar atas barang tagihan ini sebesar Rp918 juta,” kata Kepala Bea dan Cukai Tanjungpinang, Muhammad Syahirul Alim.

Menurut Alim, selama tahun 2019 ini Bea dan Cukai juga telah menangani empat kasus barang kawasan bebas tanpa dokumen resmi dari Batam yang masuk ke Tanjungpinang. Keempat kasus tersebut sudah P21 dari SPDP Kejaksaan Negeri Bintan.

Selain itu, pihaknya turut menerbitkan 191 surat bukti penindakan untuk rokok dan minuman mengandung ethil alkohol serta barang lainnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberi efek jera kepada para pelanggar, kemudian mengajak masyarakat serta pelaku usaha untuk mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan dengan menjalankan usaha secara legal,” pungkas Alim.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here