BINTAN, SIJORITODAY.com– Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., hadiri acara serah terima penyerahan empat unit Kapal Angkatan Laut (KAL) dan 6 unit Combat Boat yang berlangsung di Fasharkan Mentigi Tanjung Uban Bintan Kepulauan Riau, Senin (09/12).

Empat KAL produksi dalam negeri itu memiliki spesifikasi panjang 28 meter, lebar 6.20 meter dan mampu mengangkut 15 ABK. Kapal ini dilengkapi dengan satu buah senjata mitraliur 20 mm berada di haluan dan dua buah senjata 12,7 mm di buritan. Kapal tersebut berbahan pelat aluminium alloy 5083-H116 dan aluminium alloy 6061.

Sedangkan Combat Boat AL D-18 memiliki spesifikasi panjang 18 meter, lebar 4,5 meter dengan berat 20 ton dengan kecepatan maksimal 45 knots.

Dalam amanatnya Kasal menyampaikan, bahwa penyerahan empat unit KAL 28 M dan enam Combat Boat D-18, kepada Lantamal IV Kepulauan Riau dengan tujuan KAL dapat dipergunakan untuk menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia, khususnya sebagai sarana patroli terbatas di wilayah kerja setempat. Dalam program prioritas nasional, peningkatan industri pertahanan domestik menjadi fokus utama dalam mendukung kekuatan pertahanan dan keamanan nasional,” ujar Kasal.

Dalam kesempatan ini juga Kasal mengatakan, dirinya sangat bangga dan mengapresiasi akan prestasi ini. Karena murni hasil karya anak bangsa, capaian ini juga mendukung kebijakan pemerintah untuk membangun kemandirian dan menjaga keberlanjutan terutama dalam industri pertahanan nasional.

Seusai acara serah terima, Kasal didampingi para pejabat TNI Angkatan Laut yang hadir melaksanakan kunjungan ke salah satu KAL Lalos (LLS) II-8-34 dan Combat Boat AL-D18 diberi nama Patkamla Binanga (BNG) II-6-66. Kemudian dilanjutkan sesi foto bersama. (TK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here