NATUNA, SIJORITODAY.com – – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Natuna gelar Tande Mule Gewei Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Natuna Tahun 2020 di Lapangan Bola Kaki Sri Srindit, Sabtu malam (11/1/2020).

Kegiatan ini turut di hadiri Rombongan Komisioner KPU RI yaitu, Ketua Devisi SDM, Organisasi Diklat dan Litbang KPU RI, Ilham Saputra, Anggota Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Riau, Parlindungan Sihombing, Anggota Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Riau, Priyo Handoko, Sekretaris KPU Provinsi Kepulauan Riau, Lucky Zaiman Prawira dan Kabag KPU Provinsi Kepulauan Riau, Aldetra.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dalam sambutan mengucapkan terima kasih kepada KPU Natuna yang telah menggelar Tande Mule Gewei (Melaunching) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Natuna Tahun 2020. kegiatan ini merupakan informasi awal kepada masyarakat bahwa Pemilukada telah dimulai.

“Oleh karna itu saya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta menyukseskan dan mengawasi pemilukada pada Tahun 2020,” ujarnya.

Ngesti juga berpesan agar Komisioner tetap kompak dan saling mendukung dalam pelaksanaan tugasnya.

”Saya melihat selama ini Komisoner KPU dalam pelaksanaan tugasnya selalu kompak dan tetap bersama-sama, maka dari itu saya harap tetap begitu kedepannya bahkan harus lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Natuna, Junaedi Abdillah dalam sambutan menyampaiakan, Kabupaten Natuna adalah wilayah yang mempunyai karakteristik dan keunikan tersendiri yaitu di Provinsi Kepulauan Riau dimana KPU Kabupaten Natuna adalah salah satu kabupaten yang mempunyai pulau yang terpisah tentang jarak yang jauh dan perbatasan dengan negara-negara lain. Natuna terdiri dari 15 kecamatan dengan 77 Kelurahan atau desa yang 97% wilayahnya adalah laut.

“Tentu ini menjadi tantangan yang luar biasa dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Natuna tahun 2020 di tanggal 23 September 2020 nanti. Oleh karna itu, dengan kita sama-sama saling bahu-membahu, Semoga kita bisa melaksanakan pemilihan ini dengan baik, aman, tentram dan tidak ada hal-hal yang memicu terganggunya ketertiban dan keamanan masyarakat di Kabupaten Natuna,” ucapnya.

Ia juga mengucapkan selamat datang kepada rombongan Komisioner KPU RI di Natuna.

Di waktu yang sama, Ketua Devisi SDM, Organisasi Diklat dan Litbang KPU RI, Ilham Saputra menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaran pemilihan kepala daerah. Seperti beberapa tahapan  penting yang dilaksanakan oleh KPU untuk di sampaikan kepada masyarakat.

“Untuk itu perlu adanya kegiatan sosialisasi seperti ini, dalam upaya meningkatkan pemahaman serta pengetahuan kepada masyarakat tentang penyelenggaraan  pemilihan atau biasa di sebut dengan Pilkada,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, kita perlu memberikan pemahaman yang lebih pada masyarakat. Sehingga akan muncul kesadaran masyarakat dalam menggunakan haknya,  baik hak untuk dipilih maupun hak untuk memilih.

“Terkait dengan itu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat adalah merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menyampaikan informasi kepada mereka, ” paparnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Bawaslu Natuna, Khairul rizal, Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD), Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Masyarakat Natuna.

( Iwan )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here