KARIMUN, SIJORITODAY.com– Sampah yang dimaksud bukan limbah rumah tangga atau industri, tapi sampah yang dimaksud adalah sampah yang didaur ulang menjadi pakaian.

Tampak puluhan siswa yang membalut hasil daur ulang menjadi warna warni yang menghiasi halaman sekolah SMP Negeri 3 Tebing, Kabupaten Karimun, Minggu (19/1/2020) kemarin.

Festival unik ini diikuti 48 tim pelajar dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Karimun. Salah satu bentuk kampanye Pengurangan Sampah Plastik sejak dini.

Mereka dilibatkan untuk berpikir secara kreatif dan edukasi bagaimana memanfaatkan sekaligus mengurangi sampah di lingkungannya.

“Mereka kita didik untuk menunjukkan hasil desain pakaian hasil daur ulang,” kata Kepala Sekolah SMPN 3 Tebing, Rizal Effendi.

Menurut Rizal Effendi adapun kegiatan yang diperlombakan adalah Stand Pameran Karya Daur Ulang Siswa bersama Paguyuban kelas, Fashion Show Busana Daur Ulang dan lomba Menghias Tumpeng oleh Paguyuban Kelas.

“Ada tiga jenis lomba yang kita perlombakan. Kegiatan ini merupakan bentuk peduli kita akan lingkungan yang bersih serta mengurangi sampah pelastik sehingga bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang menghasilkan karya seni,” jelasnya.

Rizal mengatakan, dengan dilaksanakan perlombaan ini diharapkan dapat memupuk rasa cinta terhadap lingkungan sehingga tercipta lingkungan yabg bersih dari sampah pelastik.

“Kita berharap, dari perlombaan ini, semoga anak-anak bisa membawa kebiasaan dan kreatifitas ini dalam lingkungan dan kehidupan sehari-hari mereka,” ujarnya. (riandi)

Editor: Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here