Penampakan gedung terminal Bandara Tambelan yang gagal diresmikan pada awal tahun ini karena wabah COVID-19. Foto IST

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Bandara Tambelan, Bintan, gagal diresmikan awal tahun ini. Kepala Dinas Perhubungan Bintan, Insan Amin menyampaikan, penundaan peresmian bandara tersebut dikarenakan masih wabah COVID-19.

Namun demikian, pihaknya masih menunggu tim verifikasi dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI.

“Sedianya direncanakan TW I (triwulan pertama), tapi situasi masih kayak begini (COVID-19). Jadi ditunda sementara waktu, sampai kondisi membaik,” kata Insan, Kamis (14/5).

Meski tak jadi diresmikan, Insan menyampaikan, pegawai bandara yang sudah direkrut sejak akhir tahun laly tetap diberdayakan. Bahkan, para pegawainya sudah dilatih sebelum dipekerjakan. “Sudah ada yang bekerja,” kata Insan.

Bandara di pulau Tambelan yang dekat dengan Kalimantan Barat itu dibuat untuk melengkapi moda transportasi menuju Tambelan. Selama ini, akses ke Tambelan masih mengandalkan kapal perintis dengan jarak tempuh seharian.

Sementara dengan penggunaan pesawat jenis Cassa yang melayani penerbangan ke Tambelan, akses ekonomi kedaerah itu akan bergeliat. Bandara tersebut memiliki panjang runway sepanjang 1,2 Km dengan lebar 30 meter. Gedung terminal pada bandara tersebut seluas 600 meter/segi. (Btn)

Editor : Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here