Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Agus Hasanuddin

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Satreskrim Polres Bintan akhirnya menahan Iwan Kurniawan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan atau penggelapan jual beli tanah didaerah Galang Batang.

Iwan yang merupakan mantan caleg dari Partai NasDem pada tahun 2019 lalu itu sudah dijebloskan kedalam sel tahanan Mako Polres Bintan setelah hampir tujuh bulan statusnya ditetapkan sebagai tersangka.

Kasat Reskrim Polres Bintan Agus Hasanuddin menyampaikan, IK (Iwan Kurniawan) ditahan sejak 26 Juni lalu. Sejauh ini pihaknya masih melengkapi berkas perkara IK untuk segera bisa dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Bintan.

“Kalau sudah dinyatakan lengkap, kita akan lanjut ke tahap II sekaligus penyerahan yang bersangkutan ke Kejaksaan Negeri Bintan,” kata Agus, Rabu (1/7).

Penyidik kata Agus menyoal mantan Ketua PP Bintan itu dengan sangkaan melanggar Pasal 378 dan atau 372 KHUP tentang penipuan atau penggelapan.

Dia juga mengulas kasus yang menjerat IK. Awal mula, korban Ko Ming membuat laporan polisi diawal tahun 2019 lalu atas dugaan penipuan yang dilakukan IK terhadap korban.

Dari kerja penyidik beberapa bulan, tepatnya pada akhir tahun 2019 status IK ditetapkan sebagai tersangka dan baru bulan Juni 2020 IK resmi ditahan sebagai tersangka.

IK diduga melakukan penipuan terhadap Ko Ming atas jual beli tanah didaerah Galang Batang Kecamatan Gunung Kijang. Ko Ming membeli tanah milik Sulsafat seluas 7 Ha didaerah Galang Batang melalui perantara IK.

Namun, seiring berjalannya waktu Ko Ming pun meminta surat atas kepemilikan lahan yang dibelinya. Namun, surat itu tak kunjung diberikan IK. Atas kejadian itu, Ko Ming pun resmi membuat laporan ke Polres Bintan pada awal tahun 2019. (Btn)

Editor : Redaksi

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here