Komisioner KPU Bintan Syamsul ketika menyampaikan sosialisasi PKPU Nomor 5 tahun 2020 kepada sejumlah insan pers di New Marjoly Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kamis (23/7)

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Sejumlah partai besar di Bintan semakin mantap untuk mengusung pasangan Apri Sujadi – Roby Kurniawan, sebagai pasangan calon (paslon) untuk didaftarkan ke KPU Bintan.

Hingga hari ini, rumor yang beredar paslon yang sudah mengantongi rekomendasi dari DPP Partai Golkar itu akan diduelkan dengan paslon Alias Wello (AWe) – Dalmasri Syam. Namun, kendaraan partainya belum jelas hingga saat ini.

Apalagi, DPP Partai NasDem sudah mengeluarkan rekomendasi untuk mengusung paslon di Pilkada Kepri, Karimun serta Kota Batam. Sementara, pasangan Apri-Roby sudah memborong partai di DPRD Bintan, seperti Partai Demokrat (8 kursi), Partai Golkar (6 kursi) serta PKS (3 kursi) dan PDI (2 kursi).

Tersisa Partai NasDem (4 kursi), Hanura dan PAN masing-masing 1 kursi). Jika Pilkada Bintan hanya diikuti 1 paslon, bagaimana pelaksanaan Pilkada di Bintan nanti.

Komisioner KPU Bintan Syamsul menjelaskan, pada PKPU 5 tahun 2020 sudah menjelaskan prosedur pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 termasuk jika paslon yang mendaftar hanya 1 pasangan.

“Seperti di Makasar kalau tidak salah, melawan kotak kosong. Jika menang (kotak kosong), jabatan kepala daerah akan dijabat Plt sampai Pilkada berikutnya,” ujar Syamsul saat sosialisasi PKPU 5 tahun 2020 di New Marjoly Kawal, Kamis (23/7).

Meskipun tak ingin banyak berandai, bila 1 paslon yang mendaftar dan tiba-tiba gugur alias tidak memenuhi syarat. KPU Bintan kata Syamsul, akan memberikan waktu untuk verifikasi perbaikan persyaratan.

“Kan ada prosesnya, ada waktu perbaikan berkas pencalonan. Jadi tidak langsung ditetapkan begitu saja, ada masa perbaikan juga jika masih TMS (tidak memenuhi syarat),” timpalnya.

Selain itu, Syamsul menambahkan, untuk acara debat calon pada Pilkada Bintan, KPU hanya mengagendakan untuk 1 kali pertemuan saja.

“Sementara untuk waktu kampanye itu diberikan waktunya selama 71 hari,” sebutnya. (Btn)

 

Editor : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here