NATUNA, SIJORITODAY.com – – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, menghadiri Acara Pembukaan Latihan SAR Daerah Tahun 2020 Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna dengan tema “Meningkatkan Sinergisitas Dalam Rangka Penyelenggaraan Operasi Pencarian dan Pertolongan di Perairan Kabupaten Natuna,” selasa (25/08) pagi, di Aula Natuna Hotel.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Direktorat Penyiapan Dukungan Komunikasi dan Sertifikasi, Direktorat Sistem Komunikasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Ketua DPRD beserta Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Natuna, FKPD, beberapa Pimpinan OPD, tokoh masyarakat Ketua HNSI dan para peserta kegiatan.

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam kata sambutan menyampaikan, keadaan potensi SAR diharapkan mampu meminimalisir Respon Time dalam penanganan kecelakaan, bencana alam maupun kondisi yang membahayakan manusia.

“Untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya latihan SAR daerah yang berkelanjutan dan terukur dalam menunjang kelancaran operasional pelayanan, khususnya di bidang operasi SAR sebagai unit pelaksana teknis Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan,” ucapnya.

Hamid Rizal berharap kegiatan ini dapat dijadikan wadah dalam menyatukan ide dan gagasan dalam rangka penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan secara lebih profesional dan bersinergi.

“Selain itu diharapkan juga agar kedepannya eksistensi potensi SAR dapat berperan lebih aktif dalam meningkatkan kualitas diri sekaligus memberikan pelayanan yang bersinergi dengan unit-unit pelaksana teknis yang bertanggung jawab, khususnya dalam pencarian dan pertolongan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Natuna selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Mexianus Bekabel, melaporkan adapun tujuan dilaksanakan pelatihan SAR tahun 2020 ini adalah untuk meningkatkan kemampuan/keterampilan personil Kantor Pencarian dan Pertolongan serta potensi SAR.

“Mengedukasikan dan membentuk potensi SAR agar memiliki pengetahuan dan keterampilan teknik-teknik pencarian dan pertolongan pada kecelakaan atau yang membahayakan jiwa manusia dan musibah lainnya,” ucapnya.

Adapun Sasaran dari kegiatan ini adalah agar terbentuknya kontingensi yang mana sebagai pedoman untuk memberikan bantuan pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan, kondisi membahayakan manusia maupun bencana alam yang terjadi di Kabupaten Natuna, agar pelaksanaan operasi dapat berjalan dengan cepat, tepat dan handal guna mencapai respon time yang telah ditentukan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Adapun peserta pelatihan SAR Tahun 2020 terdiri dari TNI, POLRI, Instansi Vertikal dan Pemerintah daerah, Organisasi Masyarakat dan tokoh masyarakat sebanyak 25 orang,

Kegiatan akan digelar selama dua hari, mulai tanggal 25 – 26 Agustus 2020 di Natuna Hotel, dengan menyesuaikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Pada kesempatan itu juga diserahkan Cinderamata dari Kantor SAR Natuna kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. (Pro_Kopim/wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here