TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com РРAparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Rumah Sakit Umum Daerah  Raja Ahmad Thabib (RSUD RAT) Tanjungpinang Marhati terancam dicopot dari status kepegawaian nya, hal itu lantaran ia diduga kuat melakukan penggelapan dua unit Mobil milik Rental Joi yang berada di Jalan Gatot Subroto No. 12 RT-01/RW-02, Kelurahan Kampung Bulang Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Jaldi Akri sebagaimana dikutip di Website Pengadilan Negeri Tanjungpinang, terdakwa Marhati Binti ATAN  pada Kamis 14 November 2019 mendatangi Rental Mobil Joy tersebut untuk Merental Mobil milik Rental JOY, kemudian pihak Rental Mobil Joy yang diwakili oleh saksi HANRIANA mengabulkan permintaan terdakwa dengan memberikan Mobil dengan Merk Avanza seri S Matic, dengan Nomor Polisi BP 1021 YW, warna abu-abu metalik, dengan nomor Mesin DBT1515, dan Nomor Rangka FHM1CB4JAK011562, Terdakwa merental Mobil untuk selama 7 hari

Kemudian pada hari Sabtu tanggal 16 November 2019, Terdakwa kembali kerental Mobil JOY dengan tujuan untuk menambah merental 1 Unit, lalu saksi Hanriana dari pihak Rental Mobil Joy kembali menyerahkan 1 Unit Mobil dengan merk Avanza seri S Manual, dengan Nomor Polisi BP 1361 TW, warna Hitam metalik, dengan nomor Mesin DBB0542, dan Nomor Rangka MHFM1CA4J8K015751 juga untuk selama 7 hari

Bahwa Terdakwa sebelumnya sekitar bulan Agustus 2019 hari dan tanggal yang tidak ingat dengan pasti, terdakwa mendatangi rumah saksi Ronal Manurung. Setelah terdakwa bertemu dengan saksi, ia menyampaikan tujuannya kepada saksi yaitu untuk  meminjam uang sebesar Rp. 25 juta dengan Jaminan 1 unit mobil dengan Merk Suzuki S Cros mobil tersebut adalah  milik terdakwa sendiri, mobil Jaminan tersebut akan diambil setelah uang dikembalikan nantinya, kemudian saksi Ronal Manurung setelah mendengar permintaan terdakwa tersebut, ia meminjamkan uang yang diminta oleh terdakwa itu, lalu saksi menyerahkan uang sebesar Rp.25 juta yang akan dipinjam terdakwa tersebut.

Kemudian terdakwa menyerahkan Mobil Merk Suzuki S Cros kepada saksi Ronal Manurung sebagai Jaminan hutangnya,

Kemudian bulan November 2019, terdakwa kembali mendatangi rumah saksi, setelah terdakwa bertemu dengan saksi lalu terdakwa mengatakan kepada saksi bahwa mobil titipan sebagai jamainan hutang yang kemaren akan diambil dan akan dibayar hutang sebesar Rp.7 juta terlebih dahulu, dan sisanya akan dilunasi selama 3 hari kedepan dan sebagai jaminan ditukar dengan mobil nerk Avanza seri S Matic, dengan Nomor Polisi BP 1021 YW warna abu-abu metalik, dengan Nomor Mesin DBT1515, dan nomor rangka FHM1CB4JAK011562,

Saksi Ronal Manurung menyetujui permintaan terdakwa tersebut, kemudian terdakwa menyerahkan uang sebesar Rp.7 juta tersebut dan menggantikan satu unit Mobil Merk Avanza seri S Matic, dengan Nomor Polisi BP 1021 YW warna abu-abu metalik, dengan Nomor Mesin DBT1515, dan Nomor Rangka FHM1CB4JAK011562 kepada saksi, kemudian saksi menyerahkan satu unit mobil Suzuki S Cross kepada terdakwa Marhati, setelah itu terdakwa kembali kerumahnya dengan membawa 1 Unit Mobil Suzuki S Cros dan setelah itu terdakwa tidak ada muncul dan membayar hutanya serta menjemput Jaminan hutangnya berupa 1 ( satu ) Unit Mobil Merk Avanza seri S Matic, dengan Nomor Polisi BP 1021 YW sebagaimana yang dijanjikan terdakwa

Kemudian pada Oktober 2019 terdakwa mendatangi rumah saksi Juniar Romauli Subarin bersama dengan saksi Bintoni Haloho di dalam pertemuan tersebut terdakwa menyampaikan kepada saksi Juniar Romauli Subarin bahwa terdakwa mempunyai hak tanggungan berupa 1 unit mobil merek Camri dengan Nomor Polis BP 706 ET warna putih silver di Pegadaian di Km 9 Kota Tanjungpinang.

Mobil tersebut akan dibeli oleh bos nya dengan harga Rp. 165.000.000
lalu terdakwa meminta kepada saksi
Juniar Romauli Subarin untuk meminjamkan uang sebesar Rp 90  untuk mengambil BPKB 1 unit mobil merek Camri dengan BP  706 ET tersebut di Pegadaian. Kemudian terdakwa mengatakan pada saat mengembalikan uang Pinjaman tersebut akan memberikan tambahan.

Atas keterangan terdakwa tersebut saksi JUNIAR ROMAULI SIBARANI menyanggupi permintaan terdakwa tersebut, lalu saksi memberikan uang pinjaman sejumlah Rp 90 juta tersebut kepada terdakwa.

Setelah itu terdakwa langsung meningglkan rumah saksi, kemudian sekitar bulan November 2019 terdakwa mendatangi kembali rumah saksi Juniar Romauli Sibarani
dengan membawa 1 unit Mobil Avanza S warna hitam metalik dengan nomor polisi BP 1361 TW, Nomor Rangka : MHFM1CA4J8K015751 dan Nomor Mesin  0BB0542.

Terdakwa menyampaikan kepada saksi  bahwa  ternyata mobil tersebut milik kakaknya yang bekerja di kapal, setelah itu terdakwa menyampaikan lagi kepada saksi Juniar Romauli Sibarani agar dapat memberikan tambahan waktu sampai bulan Juli 2020 untuk mengembalikan uang pinjaman sebesar Rp. 90 juta tersebut dengan jaminannya adalah  1 unit mobil Avanza s warna hitam metalik dengan Nomor polisi BP 1361 TW, nomor rangka MHFM1CA4J8K015751 dan Nomor mesin  0BB0542.

Permintaan terdakwa tersebut disetujui oleh  saksi, kemudian setelah itu terdakwa langsung menyerahkan Mobil  Avanza S warna hitam metalik dengan nomor polisi BP 1361 TW, sebagai jaminan hutang 90 juta tersebut.

Terdakwa langsung meninggalkan rumah saksi dan sampai mobil tersebut dijadikan barang bukti didalam perkara ini terdakwa belum membayar hutangnya kepada saksi JUNIAR ROMAULI SIBARANI.

Bahwa Terdakwa Marhati menjaminkan 1  Unit Mobil Avanza seri S Matic, dengan Nomor Polisi BP 1021 YW, warna abu-abu metalik, dengan nomor Mesin DBT1515, dan Nomor Rangka FHM1CB4JAK011562 kepada saksi RONAL MANURUNG, dan 1 ( satu ) Unit mobil Avanza s warna hitam metalik dengan nomor polisi BP 1361 TW, Nomor rangka : MHFM1CA4J8K015751 dan Nomor mesin : 0BB0542 kepada saksi JUNIAR ROMAULI SIBARANI tanpa sepengetahuan dari pemilik Rental Mobil Joy Tanjungpinang.

Bahwa kibat perbuatan terdakwa Rental Mobil Joy, mengalami kerugian sebesar lebih kurang Rp. 200 Juta. Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 372 KUH. Pidana.

(Sueb)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here