BATAM, SIJORITODAY.com– Memasuki hari kedua pendaftaran, kedua pasangan bakal cawalkot dan Wawako Batam sudah rampung mendaftar ke KPU. Berkas persyaratan pencalonan keduanya pun dinyatakan lengkap oleh KPU.

“Kedua bakal pasangan calon yang telah dinyatakan lengkap syarat yakni pasangan Lukita Dinarsyah Tuwo-Abdul Basith Has dan pasangan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Batam William Seipattiratu, Sabtu (5/9/2020).

Menurut William, kedua pasangan kandidat ini selanjutnya wajib mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang telah ditunjuk yaitu rumah sakit BP Batam.

“Jadwal pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkoba pada tanggal 7-8 September 2020,” ujar William.

Sedangkan tata tertib acara, William mengungkapkan, sesuai rundown dan tata tertib pemeriksaan kesehatan dari pihak RSBP, bapaslon diwajibkan untuk berpuasa mulai pukul 20.00 wib sehari sebelum pengecekan dan hanya diperkenankan minum air putih.

“Pada pukul 06.30 wib, peserta agar minum air putih sebanyak 2 gelas kemudian tidak buang air kecil sampai saat pemeriksaan hingga selesai pemeriksaan USG,” ujar William.

Lanjut William, bagi bapaslon kepala daerah yang memakai lensa kontak sudah harus dilepas 24 jam sebelum datang ke rumah sakit.

“Bagi bapaslon yang merokok dianjurkan untuk tidak merokok satu hari sebelum pemeriksaan,” tandasnya.

William berharap, para peserta juga tidak diperbolehkan untuk mendampingi kandidatnya pada saat pemeriksaan/penilaian kesehatan.

Kecuali sambung William, dalam hal diperlukan pendamping atau pengantar, hanya diperkenankan maksimal 2 orang di ruang tunggu lobby rumah sakit.

William menambahkan, sebelum tiba ke rumah sakit, bapaslon diwajibkan untuk membawa surat pengantar pemeriksaan kesehatan dari KPU Batam dan surat keterangan swab test Covid-19 dengan hasil negatif.

“Protokol pencegahan Covid-19 kata William wajib diterapkan selama tahapan berlangsung yakni memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan,” pungkasnya.

Disamping itu, tambah William lagi untuk jadwal pemeriksaan terdiri dari pemeriksaan fisik dan jiwa, pemeriksaan NAPZA oleh BNN serta pemeriksaan psikologi oleh HIMPSI.

“Peserta juga harus menyiapkan baju dab sepatu olahraga untuk pemeriksaan treadmill,” imbuhnya.(*)

Editor: Taufik. K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here