KARIMUN, SIJORITODAY.com – – Pasangan suami istri (Pasutri) berinisial Y dan NA diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan terhadap 78 orang dengan total kerugian sebesar Rp 66.268.000,- kini telah diamankan pihak Pores Karimun.

Hal ini diungkapkan Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, didampingi Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Herie Pramono, dalam siaran pers, Jumat ( 2/10/2020 ).

Modus operandi kedua tersangka yang merupakan pasangan suamì istri tersebut, Kapolres menjelaskan, tersangka membuka agen pembayaran tagihan listrik, air, BPJS dan pembayaran kredit lainnya. Akan tetapi tersangka NA tidak menyetorkan semua pembayaran tagihan listrik yang dibayarkan pelanggan melalui agen ” Baran Rezeki” milik tersangka ke Bank atau system pembayaran lainnya dan uang tersebut digunakan untuk keperluan pribadi.

“Jumlah masyarakat yang menjadi korban penipuan dan penggelapan sebanyak 78 orang dengan total kerugian sebesar Rp 66.268.000,- “, ungkap M.Adenan.

Kapolres Karimun menjelaskan, tersangka sejak bulan Mei 2020 lalu membuka agen pembayaran tagihan listrik, air, BPJS dan kredit lainnya. Namun, pada bulan September 2020 tersangka tidak menyetorkan uang milik pelanggan ke Bank. Alhasil setoran uang pelanggan yang harusnya dibayarkan tersebut tidak terbayarkan, sehingga pelanggan mendapat surat tunggakan listrik dan akan dilakukan pemutusan arus listrik oleh pihak PLN.

“Uang pelanggan dipergunakan oleh tersangka NA dan Y untuk kepentingan pribadi. Dan tersangka memiliki belasan pinjaman kredit online, sehingga oleh tersangka sebagian uang untuk menutupi lubang membayarkan tagihan pinjaman kredit online tersebut,” ucap Kapolres.

M. Adenan menambahkan, sejumlah barang bukti yang digunakan tersangka dalam melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan sudah diamankan penyidik.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan pasal tindak pidana penipuan atau penggelapan.

“Sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 atau pasal 64 ayat (1) K.U.H.Pidana dengan ancaman penjara paling lama 4 tahun, pungkas Kapolres karimun AKBP M. Adenan, SIK. (Sunar)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here