Calon Bupati Bintan petahana ketika bertemu dengan masyarakat di Kijang, beberapa waktu lalu. Foto IST

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Calon Bupati Bintan petahana Apri Sujadi menyampaikan capaian kinerjanya selama menjabat terutama di sektor kesehatan. Tak hanya program berobat gratis dengan KTP, warga penunggak BPJS kesehatan juga disubsidi Pemkab Bintan selama dirinya menjabat.

Hal ini dikemukan, agar masyarakat mengetahui realita sesungguhnya bahwa dimasa kepemimpinannya sektor kesehatan dan pendidikan menjadi hal prioritas dan akan dilanjutkan dimasa kepemimpinan berikutnya jika kembali mendapat amanah masyarakat Bintan.

“Kita juga selalu konsen, bagaimana masyarakat yang tidak mampu pembayaran BPJS-nya kita subsidi melalui APBD Pemkab. Apalagi di situasi Covid-19, saat ini,” paparnya.

Ia mengklaim, selama hampir 5 tahun memimpin, setidaknya sudah 69.728 jiwa masyarakat Bintan yang menerima subsidi pembayaran BPJS oleh Pemkab Bintan.

Sementara program berobat gratis dengan KTP sudah menyentuh dan dirasakan sekitar 186.005 jiwa selama kepemimpinannya. Hal inilah yang ingin diteruskan Apri jika kembali menerima mandat warga Bintan.

“Total selama 5 tahun setidaknya kita mengalokasikan Rp 20,94 milyar dari APBD Pemkab Bintan untuk mensubsidi pembayaran BPJS bagi 69.728 jiwa masyarakat Bintan,” tegasnya.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan menunjukkan bahwa grafik perkembangan subsidi BPJS bagi masyarakat tidak mampu antara lain sejak tahun 2016 terus mengalami peningkatan. Tahun 2016 ada 4.240 jiwa yang menerima subsidi pemerintah dengan alokasi anggaran mencapai Rp 1 miliar.

Di tahun 2017 bertambah sebanyak 11.988 jiwa dengan alokasi anggaran sekitar Rp 3,3 miliar dan ditahun 2018 bertambah lagi 15.500 jiwa dengan alokasi anggaran Rp 3,97 miliar. Sementara di tahun 2019 bertambah 18.000 jiwa yang disubsidi Pemkab dengan alokasi anggaran Rp 4,97 miliar serta ditahun ini 20.000 jiwa dengan alokasi anggaran Rp 7,7 miliar. (Btn)

Editor : Akok

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here