TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengatakan, pilkada 2020 di tengah pandemi virus corona tidak mudah. Sebab, kegiatan politik harus diselaraskan dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Untuk menyukseskan pilkada ditengah Covid-19 pengawas harus tetap mematuhi kode etik, protokol kesehatan dan melaksanakan tugas dengan profesional, berintegritas serta bermartabat,” kata Abhan Ketua Bawaslu RI saat menggelar Apel dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Lapangan upacara Komplek Perkantoran Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Dompak Tanjungpinang, Sabtu (17/10/20).

Menurut Abhan, bahwa elemen masyarakat juga menjadi elemen dalam penyelenggaraan pemilu dan ini merupakan tugas penting bagi penyelenggara dan pengawas untuk meyakinkan masyarakat bahwa pada 9 Desember nanti masyarakat tetap aman dalam memilih di situasi pandemi Covid-19.

“Penyelenggaraan pemilu harus bisa meyakinkan masyarakat, pada 9 Desember nanti mereka aman dalam memilih dan ini merupakan tugas bagi KPU dan Bawaslu dalam untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” tutur Abhan.

Ia mengatakan, jajaran pengawas harus memberikan contoh dalam menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

“Sebelum kami memberikan teguran kepada pihak KPU dan para peserta Pilkada 2020, tentu kami harus memberikan contoh,” ucapnya.

Penulis: Ravi
Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here