TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Pemprov dan DPRD Kepri mengesahkan APBD tahun 2021 sebesar Rp3,986 triliun, atau mengalami kenaikan sebesar Rp29 miliar dibanding 2020 sebesar Rp3,945 miliar.

APBD Kepri 2021 disahkan melalui sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Jumaga Nadeak dan segenap anggota DPRD, serta dihadiri langsung Pjs Gubernur Bahtiar Baharuddin dan jajarana OPD.

Menurut Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin, APBD 2021 terdiri dari pendapatan daerah sebesar Rp3,701 triliun, dan sisa lebih pembiayaan anggaran tahun 2020 sebesar Rp285 miliar.

“Saya akan mengawal proses evaluasi APBD Kepri 2021 di Kemendagri lebih cepat selesai, sehingga anggaran bisa segera direalisasikan,” kata Bahtiar

Baharuddin menyatakan melalui APBD Kepri 2021, pemerintah daerah akan memperkuat penanganan COVID-19 dan dampaknya.

Salah satunya, kata dia, menyangkut peningkatan kapasitas pelayanan kesehatan di rumah sakit termasuk memproteksi tenaga medis agar aman dan sehat dalam menjalankan tugasnya, karena COVID-19 diprediksi masih berlangsung sampai 2021.

“Pada APBD 2021, kita fokus pengadaan laboratorium PCR COVID-19 di rumah sakit. Kemudian APD tenaga medis, seperti masker, baju hazmat, dan vitamin supaya mereka tidak lelah melayani warga di kala pandemi,” kata Bahtiar.

Selain itu, APBD 2021 juga fokus pada pemulihan sektor ekonomi masyakarat melalui kegiatan padat karya tunai yang dianggarkan di tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bahkan, kata Bahtiar, ada sejumlah anggaran OPD yang mengalami peningkatan cukup signifikan, misalnya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) serta Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan.

“Semua OPD kita dorong perbanyak program pemberdayaan masyarakat terdampak COVID-19, misalnya korban PHK atau pengangguran,” ujarnya.

Lanjut dia, Pemprov Kepri turut menganggarkan dana jaminan pengamanan sosial masyarakat melalui bantuan sosial tunai untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Selama pandemi, banyak pedagang UMKM terdampak COVID-19. Yang tadinya ramai pelanggan, sekarang justru kehilangan pelanggan, itu yang akan kita bantu,” tutur dia.

(Mn)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here