BATAM,SIJORITODAY.com – Mengantisipasi banjir, ketua Komisi III DPRD Kepri Widiastadi Nugroho melakukan sidak ke fasilitas-fasilitas warga. Hal ini dilakukan Pria yg akrab disapa Iik dalam rangka reses dan merespon keluhan warga di kecamatan Batam Kota.

Adapun wilayah yang ditinjaunya antara lain kawasan yang dilanda banjir beberapa waktu lalu seperti Legenda Bali, Legenda Malaka dan sekitarnya. “Banjir itu tidak mengenal hari libur. Jadi meskipun diakhir tahun ini sudah banyak yang berlibur, Saya harus segera turun kelapangan memastikan semuanya baik sebelum terjadi banjir lagi. Segala kendala yang ada, Insyallah akan segera kita koordinasikan dengan institusinya langsung dalam hal ini Dinas PUPR,” kata Iik, Senin (27/12)

Dalam sidak tersebut, terlihat dengan jelas kondisi infrastruktur mulai dari dinding miring di sekitar parit dan drainase yang kondisinya sudah memprihatinkan. Beberapa tembok pembatas malahan sudah mengalami keruntuhan. Selain itu, di beberapa aliran sungai di sekitar kawasan yang berbatasan langsung dengan Perumahan Duta Mas, sudah mengalami pendangkalan akibat sampah serta tumpukan tanah dan pasir yang terbawa saat banjir melanda.

“Intinya, dari hasil sidak ini kami ingin memastikan program pengendalian banjir tepat sasaran. Setidaknya frekuensi dan luas wilayah yang terdampak banjir bisa berkurang,” jelasnya

Banjir yang melanda wilayah Legenda beberapa waktu lalu disebabkan beberapa hal. Perumahan warga lebih rendah daripada lokasi pembuangan air. Hal ini diperparah dengan kecilnya saluran pembuangan air ke Dam Duriangkang. Akibatnya debit air yang dapat disalurkan terhambat dan menyebabkan banjir. Padahal, disekitar lokasi, terdapat ratusan KK yang tinggal. “Beberapa hari lalu tempat kami kebanjiran. Kami berharap pemerintah dapat segera memperbaiki saluran air keluar rumah kami,” kata Yana Budiana ketua RT Legenda Bali.

Warga pun mengapresiasikan respon cepat yang diberikan oleh Politisi PDIP ini. Ia berharap, dalam waktu yang tidak terlalu lama, Pemprov Kepri dapat melakukan aksi nyata menyelesaikan masalah banjir ini. Sehingga, warga Legenda Bali dan sekitarnya bisa terhindar dari banjir. (*)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here