Nugraheni, Plt Kadinkes Kota Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Sebanyak 1.818 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Tanjungpinang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.

Plt Kadinkes Tanjungpinang, Nugraheni mengatakan, jumlah Nakes yang sudah menerima vaksin itu berdasarkan data yang ia terima per 1 Februari 2020.

“Itu kemarin terakhir sudah mencapai 1.818 Nakes, per tanggal 1 Februari,” katanya, Rabu (3/2).

Ia memperkirakan vaksinasi seluruh Nakes yang berjumlah 2.915 itu akan selesai pada tanggal 7 Februari mendatang sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan Pemprov Kepri.

“Edaran yang terakhir dari Provinsi itu tanggal 7 Februari untuk tahap pertama,” ujarnya.

Ia juga mengaku telah menghubungi Fasilitas Kesehatan (Faskes) tempat penyuntikan vaksin untuk mengetahui kendala yang dihadapi Faskes dalam penyuntikan vaksin.

Ia juga meminta agar seluruh Faskes menggesa penyuntikan vaksin Covid-19 dosis pertama itu.

“Kemarin kita menghubungi fasyankes seperti puskesmas dan rumah sakit, untuk mengetahui kendala vaksinasi. KKP juga menambah meja untuk penyuntikan, jadi KKP tidak hanya untuk pegawai KKP tapi juga dari luar,” tambahnya.

Sebelumnya pada Jum’at (29/1) yang lalu, Dinas Kesehatan menargetkan vaksinasi 823 Nakes yang belum disuntik vaksin akan rampung pada Selasa (2/2) kemarin.

“Jadi hari ini sebanyak 823 orang. Harapan kita, tanggal 2 Februari udah selesai kita vaksinasi dosis pertama,” katanya, Jum’at (29/1).

Setelah menerima dosis pertama, seluruh Nakes tersebut akan kembali menerima vaksin dosis kedua setelah 14 hari untuk meningkatkan kemampuan antibodi menangkal virus Covid-19.

“Karena untuk dosis pertama, kekebalan tubuhnya belum maksimal. Agar maksimal harus diulang 2 kali. Agar kemampuan antibodi tubuh kita mengenal virus itu lebih baik,” tutupnya.

(Nuel)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here