Kapolres Bintan AKBP Bambang Sughartono berbicara dengan tersangka S saat rilis di Mako Polres Bintan, Selasa (23/2) siang. Foto IST

BINTAN, SIJORITODAY.com – – Awalnya membakar ranting di lahannya sendiri, pria berinisial S tak sadar api itu bisa menjadi besar hingga membakar lahannya seluas 10 hektare di daerah Kampung Limau Rt 001 Rw 003 Desa Kuala Sempang Kecamatan Seri Koala Lobam, Kabupaten Bintan beberapa waktu lalu.

Akibat peristiwa itu, polisi menetapkan S tersangka atas kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Meskipun dilahannya sendiri, S telah menyebabkan kebakaran besar terjadi.

Pria asli warga Batam itu kini ditahan di Polres Bintan. Menurut Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugiarto pelaku waktu itu sempat mencoba memadamkan kobaran api. Namun tidak berhasil, karena saat itu angin kencang sehingga api terus melebar.

“Tersangka menurutnya lalai ketika menyulut api di lahan miliknya hingga menyebabkan kebakaran besar yang menghanguskan 10 hektare,” ujar Kapolres saat menggelar press realeas di halaman Mapolres Bintan, Selasa.

Lahan gambut didaerah tersebut memang terbilang mudah terbakar. Untuk itu, masyarakat diimbau agar selalu waspada dan berhati-hati saat ingin membuka lahan dengan cara membakar. Apalagi, kondisi cuaca kemarau disertai angin kencang saat ini masih berlangsung. (Btn)

Editor: Akok

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here