Penurunan UKT UMRAH
Tampak Mahasiswa UMRAH duduk bersama pihak kampus UMRAH, di Rektorat UMRAH, Jumat (18/2/2021).

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com–
Permintaan ratusan Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), telah di respon pihak kampus.

Mulai dari penerbitan SK pemotongan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Maupun perpanjangan masa pembayaran UKT sampai tanggal 25 Februari dengan mekanisme yang ada.

Hal ini, setelah menggelar aksi demontrasi di Depan Gedung Kampus Umrah, Jumat, (18/2), Dompak.

Pelaksana Harian (Plh) Rektor UMRAH,
Satrio Agus menyampaikan pihaknya sangat menyambut baik aspirasi yang di sampaikan mahasiswa.

“Saya mewakili Pak Rektor yang hari ini masih berada di luar kota, menyampaikan bahwa keinginan dari mahasiswa terkait Penurunan UKT sudah kami Keluarkan,” tuturnya.

Satrio melanjutkan, penurunan senilai 50 persen dari UKT sebelumnya. Ini pun melihat latar belakangnya, layak atau tidak menerima bantuan tersebut.

“Jika layak, secara otomatis menerima bantuan keringanan UKT tersebut. Bagi yang sudah terlanjur membayar akan di kembalikan,” tuturnya.

Selain itu, sebagian mahasiswa yang meminta di angsur juga di perbolehkan.

Satrio mengatakan, untuk perpanjangan pembayaran UKT pun sudah mendapat respon. Berlaku sampai tanggal 25 Februari 2022 nanti.

Korlap Aksi, Zulfikar Rahman mengatakan setelah melaksanakan aksi
sampai sore, telah menemukan titik terang.

Aksi yang dilakukan ialah menuntut pihak kampus menurunkan UKT di tengah Pandemi Covid-19. Serta memperpanjang masa pembayaran UKT.

“Ya kami coba kembali lagi hadir di Rektorat UMRAH atas dasar keresahan kawan-kawan mahasiswa terkait pembayaran UKT, ” ucapnya.

Zulfikar melanjutkan beberapa waktu lalu telah melakukan audiensi kepada Rektor UMRAH. Dengan hasil akan adanya penurunan UKT dan proses pendataan sudah dilakukan.
Selanjutnya tinggal proses penerbitan sk penurunan UKT.

“Ya namun sampai hari ini belum ada kejelasan, padahal ini sudah H-3 deadline pembayaran. Maka itu kami memutuskan untuk turun langsung ke jalan melakukan demonstrasi agar di respon langsung oleh pihak kampus. Hasilnya sudah kami dapatkan,” tutur Zulfikar. (Hairi)

Editor: Desi

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here