Guru P3K
Kepala Disdik Bintan Tamsir

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Dari 516 formasi kuota yang di berikan pemerintah pusat kepada Bintan, sebanyak 278 formasi hingga kini belum juga terisi. Formasi untuk pengangkatan guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan Tamsir mengatakan jika seleksi untuk pengangkatan guru P3K akan di buka dalam waktu dekat. “Bila tidak ada halangan, pertengahan tahun seleksinya,” ujar Tamsir, Rabu (30/3).

Pengangkatan status guru honorer menjadi guru P3K sudah dilakukan sejak tahun 2021 lalu, dimana pada tahap I kuota formasi yang terisi sebanyak 140 formasi serta pada tahap II terisi sebanyak 97 formasi.

“Tahap 3 terbuka untuk umum artinya dari berbagai daerah juga bisa ikut. Kita masih ada 278 formasi lagi yang belum terisi,” sebutnya.

Ia berharap, para guru baik TK, SD hingga SMP memanfaatkan peluang tersebut agar ada peningkatan dari sisi kesejahteraan. Sebab, status P3K tentunya akan menerima hak mirip seperti ASN.

“Dari sekarang persiapan persyaratannya agar bisa ikut seleksi,” pintanya.

Sebelumnya, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan kuota untuk pengusulan peralihan status guru honorer menjadi P3K masih banyak yang kurang. Sehingga tahun ini kembali dibuka untuk tahap III.

“Kemarin sudah tahap 2 dan belum memenuhi kuota P3K untuk Bintan. Kita akan buka kembali tahap 3,” kata Roby di Bintan Buyu, Senin (28/3).

Nantinya, dengan peralihan status tersebut para guru akan menerima hak-hak yang sama dengan ASN. Roby berharap, dengan begitu bisa memberikan kesejahteraan kepada para guru yang ada di Kabupaten Bintan.

“Ini kesempatan untuk guru-guru kita di pulau yang sudah senior-senior untuk meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Roby. (oxy)

Editor : Riandi

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here