BATAM,SIJORITODAY.com – Kepala Perwakilan Ombudsman Kepulauan Riau, Lalat Parroha Patar Siadari meminta agar Dinas Bina Marga Kota Batam memperbaiki tutup gorong-gorong yang mengalami kerusakan.

Berdasarkan peninjauan, Tim Keasistenan Pencegahan Maladministrasi menemukan tutup gorong-gorong di jalan Teuku Umar dan Abdul Rahman rusak dan membahayakan pengendara yang melintas.

Lagat mengatakan, berdasarkan penuturan juru parkir di sekitar gorong-gorong, sudah cukup sering pengendara motor mengalami kecelakaan tunggal akibat ban terselip.

“Di sana kendaraan melaju kencang. Kondisi seperti itu bisa membahayakan pengendara, khususnya roda dua. Melaju kencang dan tidak dapat menghindar, ban bisa terselip kemudian sebabkan pengendara jatuh,” katanya, Kamis (26/5/2022).

Ia menduga gorong-gorong yang tidak bertutup itu merupakan tanggung jawab developer karena berada di dalam kawasan ruko.

Lagat menjelaskan, berdasarkan keterangan Kasubbag Perencanaan Program Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Febi Sandra, Dinas akan memastikan pemilik gorong-gorong rusak tersebut.

“Disampaikan pak Febi kepada Tim Pencegahan, ia akan segera berkoordinasi dengan bagian Bina Marga untuk memastikan lokasi gorong-gorong berada di dalam wilayah tanggung jawab siapa dan gorong-gorong yang rusak itu milik siapa,” ucapnya.

Untuk itu, Lagat katakan, Ombudsman Kepri akan menunggu informasi lanjutan dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam.

“Jika sudah ketahuan ini tanggung jawab dan milik siapa, kami akan lakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, agar bisa segera dilakukan perbaikan tutup gorong-gorong di lokasi yang dikeluhkan,” tuturnya.

Kedepannya, ia berharap instansi terkait yang bertanggung jawab dapat menginventarisir semua kerusakan jalan baik jalan berlubang, gorong-gorong serta utilitas lainnya sehingga dapat dilakukan perbaikan segera tanpa menunggu jatuh korban.

“Jangan sampai memakan korban. Segera lakukan perbaikan. Pasti ada anggaran untuk kasus yang bersifat urgent. Jika kurang, ajukan penganggarannya tahun depan,” tambahnya. (*)

Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here