Suasana persidangan markup harga pengiriman barang PT Si Cepat Ekspres Indonesia. Selasa (31/5/2022) sore

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Sidang kasus markup harga pengiriman barang ekspedisi Si Cepat Tanjungpinang, dengan terdakwa Frengki S Napitupulu dilaksanakan, Selasa (31/5/2022).

Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Kordinator wilayah perusahaan Si Cepat Tanjungpinang.

Manager PT Si Cepat Ekspres Indonesia tidak mau berdamai dengan alasan menjadi contoh bagi karyawan lain.

Pada sidang keterangan saksi yang di pimpin Ketua Majelis Hakim Riska Widiana, terdapat tiga orang saksi dari perusahaan Si Cepat.

Diantaranya, Rudi Adiwibowo selaku Ketua tim audit perusahaan, Pasluke Lombu SH selaku bagian legal eksternal dan Raden Siska Aprillia selaku assisten manager.

Menurut keterangan saksi, Rudi Adiwibowo didapati markup harga pengiriman barang dari Tanjungpinang menuju Karimun menggunakan Kapal MV Dumai Ekspress senilai Rp75 ribu rupiah.

“Ketika audit di Tanjungpinang selama empat hari. Didapati selisih harga antara biaya pengiriman realisasi dan biaya transit. Perbedaan R 75 ribu perkoli dengan total Rp24 jutaan pada 3 Januari hingga 27 Januari 2021,” ungkapnya.

“Saat melakukan pengecekan harga Kapal MV Dumai Line Ekspress Rp150 ribu, kemudian menjadi Rp200 ribu. Dengan rincian Rp50 ribu sebagai biaya tidak terduga, yang kemudian diajukan oleh terdakwa ke kantor pusat Rp275 rupiah. Kemudian tersangka mengakui bahwa telah melakukan markup harga dan digunakan untuk keperluan pribadi,” tambahnya.

Dalam sidang ketua majelis hakim menanyakan, upaya damai antara pihak perusahaan dan pihak terdakwa.

Didapati pihak manager PT Si Cepat Ekspres Indonesia menolak upaya damai tersebut.

“Pihak managemen tidak bersedia melakukan langkah kekeluargaan karena seharusnya sebagai kordinator wilayah Tanjungpinang menjadi contoh bagi karyawan lain,” jelas Pasluke Lombu SH selaku Bagian Legal Eksternal.

Terdakwa diancam pidana sebagaimana diatur dalam pasal 372 KUHP Jo pasal 64 ayat 1 KUHP, sidang ditunda hingga Selasa (7/6/2022) dengan agenda keterangan terdakwa.

Penulis : Misbach
Editor : Liza

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here