Proyek pembangunan Jembatan Tanah Merah di Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan yang merugikan negara miliaran rupiah. Foto Dokumentasi Sijoritoday.com

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Mantan Plt Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Bintan, BW kembali ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi proyek pembangunan jembatan Tanah Merah di Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan.

Kasus yang ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri ini sebelumnya sudah menetapkan BW sebagai tersangka pada akhir tahun 2022 lalu bersama seorang pria berinisial D selaku Direktur Fajar Bintan Gemilang. Penetapan tersangka ini berdasarkan penyidikan kasus dugaan korupsi proyek tersebut pada tahun anggaran 2018.

Kini, BW ditetapkan lagi menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan jembatan dikawasan Free Trade Zone (FTZ) Bintan untuk tahun anggaran 2019.

Dari perbuatan tersangka selama dua tahun proyek itu bergulir, negara merugi miliaran rupiah. “Estimasi kerugian negara tahun anggaran 2018 dan 2019 sekitar Rp,8,9 miliar,” sebut Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Kepri Denny Anteng Prakoso, Selasa (13/6).

Ia menambahkan, pada penetapan tersangka dari perkembangan proses penyidikan yang dilakukan Kejati Kepri. Selain BW, kontraktor pelaksana kegiatan di tahun 2019 berinisial S juga ditetapkan.

“Kita tetapkan 2 tersangka, BW selaku PPK dan S selaku kontraktor pelaksana,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kejati Kepri yang menangani kasus dugaan tindak pidana korupsi proyek Jembatan Tanah Merah sudah menetapkan 3 orang tersangka. BW selaku PPK dua kali ditetapkan menjadi tersangka untuk proyek pembangunan jembatan Tanah Merah pada tahun 2018 dan pembangunan lanjutan di tahun 2019.

Sementara dari pihak swasta, Kejati Kepri sudah menetapkan seorang berinisial D selaku Direktur PT Fajar Bintan Gemilang untuk proyek tahun 2018 bersama BW dan seorang berinisial S kontraktor pelaksana kegiatan di tahun 2019 bersama BW yang posisinya masih sebagai PPK proyek tersebut. (oxy)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here