Gerry Yasid, Inisiator Program Restorative Justice Kejaksaan Agung RI. F:Sijoritoday.com/Nuel

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Inisiator Program Restorativ Justice Kejaksaan Agung RI, Gerry Yasid mengatakan akan memastikan tercapainya tujuan Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025 – 2045 seyogyanya mesti melalui berbagai sasaran.

Kondisi riil indonesia saat ini Inefisiensi regulasi dan birokrasi yang tidak efektif dan efisien, indeks space hanya 2,3 persen sedangkan perilaku koruptif masih tinggi dengan indeks persepsi 34 persen dan indeks pelayanan publik hanya 3,9 persen.

Seiring usia bangsa 100 tahun pada tahun 2045 mendatang, sasaran tranformasi tata kelola menuju indonesia emas penting dipersiapkan sejak dini.

Perubahan perilaku dan paradigma koruptif harus diminimalisir sekecil mungkin dan indeks pelayanan publik harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Optimisme capaian seluruh cita-cita bangsa tersebut terealisasi tentu indonesia harus dibekali berbagai kekuatan dari aspek partisipasi masyarakat sipil dalam pembangunan dan demokrasi harus di optimalkan. Selanjutnya indeks integritas nasional kita hanya 71,94 persen.

“Saat ini partisipasi masyarakat sipil dalam pembangunan dan demokrasi belum optimal  dengan indeks integritas nasional hanya 71,94 Goal yang di harapkan indonesia emas tahun 2024,” katanya, Minggu (2/7/2023).

Menurutnya, menghadapi megatren global didorong dirupsi teknologi, indonesia harus mampu menciptakan perubahan.

Regulasi berkualitas dan objektif serta pengelolaan kinerja berbasis colaborative goverment harus dilakukan.

“Kita lihat, adanya sistem penggajian tunggal singgel salary sistem dan reformasi sistem pensiun menuju zero corruption dengan angka capaian 50 persen, serta pelayanan publik berkualitas mudah, cepat dan terjamin,” tuturnya.

Gerry menerangkan indeks pelayanan publik secara digital dengan Sistem pengawasan dan pelayanan publik berkualitas mengalami peningkatan sebesar 50 persen.

Hal ini tentu diharapkan dapat mendorong persepsi masyarakat sipil bermakna terhadap pembangunan partai politik berintegritas menuju indeks nasional 96,98 persen.

“Kita memerlukan strategi besar, utamanya dari aspek industrialisasi sebagai salah satu jawaban untuk membangkitkan dan mendorong pertumbuhannya ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, dilansir dari laman Liputan6.com, edisi 16 juni 2023. Presiden Joko Widodo awal juni lalu meluncurkan Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025 – 2045 untuk mewujudkan visi indonesia emas. Kementerian PPN/Bappenas penyusun naskah RPJPN Visi Indonesia Emas 2045

Jokowi menegaskan ada tiga hal pokok menjadi acuan pembangunan Indonesia, diantaranya stabilitas bangsa yang terjaga, keberlanjutan dan kesinambungan, serta sumber daya manusia yang berkualitas.

“Jangan hanya menang dari segi jumlah, tetapi juga harus dari segi kualitas SDM-nya. Baik secara fisik, skill, karakter produktif, dan karakter disiplin yang harus total kita benahi, termasuk penguasaan iptek,” ungkap Presiden.

Indonesia bercita-cita menjadi negara dengan pandapatan per kapita yang setara dengan negara maju, sehingga dapat keluar dari Middle Income Trap (MIT).

Oleh karena itu, Indonesia perlu mengubah pendekatan dalam membangun masa depan, dari reformatif menjadi transformatif, melalui 3 area perubahan, yakni transformasi ekonomi, sosial, dan tata kelola.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here