Sekda Bintan Ronny Kartika bersama dengan masyarakat Kampung Rekoh saat melakukan ziarah ke makam Datuk Julong di Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan, Rabu (19/7). Foto Dokumentasi Kominfo Bintan

BINTAN,SIJORITODAY.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bintan Ronny Kartika bersama warga Kampung Rekoh Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan, melakukan ziarah kubur ke makam Datuk Julong, Rabu (19/7).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati 1Muharram 1445H. Mengenakan pakai kurung melayu berwarna hitam, Ronny didampingi juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bintan Arief Sumarsono.

Mereka berjalan kaki bersama menuju makam Datuk Julong yang letaknya cukup jauh dari tempat berkumpul. Ronny mengungkapkan, aktivitas yang sudah berjalan hampir 18 tahun ini merupakan tradisi warga Kampung Rekoh.

Warisan kebudayaan ini menurutnya, harus dipertahankan. Dengan begitu warga bisa saling bersilahturahmi, berkumpul dalam satu kegiatan tersebut.

“Melihat animo masyarakat yang hadir, kita tidak hanya bicara terkait bagaimana proses kenduri arwahnya saja tapi juga ada adat istiadat budaya yang ditampilkan seperti iring-iringan bunga telur tadi,” ungkap Ronny.

Selain itu, dirinya berharap agar kedepannya aktivitas tersebut bisa menjadi agenda wisata religi dan masuk dalam kalender pariwisata daerah. Sehingga nantinya dapat diikuti tidak oleh masyarakat Bintan lainnya.

“Sehingga efeknya nanti ada perputaran ekonomi serta nilai histori bagi masyarakat,” katanya. (oxy)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here