Agusnawarman, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kepulauan Riau. F:Sijoritoday.com/ Immanuel Patar Mangaraja Aruan

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (DiskopUKM) Kepulauan Riau, Agusnawarman mengajak pelaku UMKM memanfaatkan kondisi geografis sebagai peluang untuk memasarkan produk.

Agusnawarman mengatakan, Kepri yang berbatasan dengan negara tetangga merupakan peluang untuk mempermudah ekspor produk UMKM ke luar negeri.

“Kita yang berbatasan dengan Singapura, Malaysia, Brunei, dan Thailand menjadi peluang bagi kita untuk bersaing dalam hal produk ekspor,” katanya, Rabu (26/7/2023).

Agusnawarman menerangkan, saat ini berbagai daerah di Indonesia sudah menandatangani MoU dengan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Produk makanan hasil produksi UMKM Kota Batam. F:Sijoritoday.com/istimewa

MoU ini berisikan kesepakatan, seluruh produk UMKM dari luar daerah akan dikumpulkan di Kota Batam sebelum dikirimkan ke luar negeri.

Diketahui, pemerintah pusat telah menunjuk Kepri menjadi hub ekspor produk UMKM dari Indonesia bagian Barat.

Agusnawarman pun tak ingin, pelaku UMKM di Kepri hanya menjadi penonton, namun tidak menjadi pelaku ekspor.

“Jawa Barat dan Jawa Timur sudah melakukan MoU dengan pak Gubernur. Barang-barang UMKM akan dikirim ke Batam untuk diekspor ke luar negeri. Jangan kita hanya melihat, tapi tak bisa berbuat,” terangnya.

Agusnawarman menuturkan, untuk bisa ekspor, pelaku UMKM di Kepri harus memperbaiki kualitas produknya, mulai dari cita rasa hingga kemasan yang menarik.

Dalam berbagai pelatihan, DiskopUKM Kepri terus menekankan pentingnya cita rasa dan kemasan untuk menarik minat konsumen.

Selain itu, DiskopUKM Kepri juga memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal, agar produk yang dihasilkan terjamin kehalalan nya.

“Kalau pelaku UMKM masih bingung, silahkan datang ke kantor. Kita ada tenaga pendamping dan fasilitator yang siap membantu para pelaku UMKM mengembangkan usahanya,” tambahnya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here