Kepala Badan Pendapatan Daerah Kepulauan Riau, Diky Wijaya dalam wawancara doorstop di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Selasa (29/8/2023). F:Sijoritoday.com/ Immanuel Patar Mangaraja Aruan

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kepulauan Riau, Diky Wijaya mengajak BUMD dan OPD penghasil memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menurutnya, BUMD dan OPD penghasil harus optimis menggali semua potensi yang ada dari sektor retribusi.

“OPD penghasil harus optimis dalam penggalian potensi PAD dari sektor retribusi,” katanya melalui saluran seluler, Jum’at (6/10/2023).

Diky menyampaikan, optimasi potensi PAD harus dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan peningkatan PAD.

“Intinya harus dapat melakukan optimalisasi berkelanjutan,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPRD Kepri, Wahyu Wahyudin mendesak BUMD memberikan dividen ke daerah pada tahun mendatang.

Wahyu mengatakan, Komisi II telah memberikan target dividen kepada tiga BUMD seperti PT. Pembangunan Kepri, PT. Pelabuhan Kepri, dan PDAM Tirta Kepri.

Diketahui, dalam rapat Komisi II bersama OPD penghasil di Batam, ditargetkan PT. Pembangunan Kepri berikan dividen Rp500 juta, PT. Pelabuhan Kepri Rp120 juta, dan PDAM Tirta Kepri Rp2,5 miliar.

“Kita Komisi II betul-betul mendesak agar perusahaan plat merah berikan dividen, tidak ada waktu berleha-leha lagi, kita harus sama-sama bekerja sama dan bekerja keras,” katanya melalui saluran seluler, Kamis (5/10/2023) siang.

Politisi PKS itu menegaskan, peningkatan dividen juga akan membantu pelaksanaan program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat yang dicanangkan pemerintah.

Menurutnya, selain memenuhi kebutuhan publik, BUMD juga mesti ambil peran dalam pembangunan daerah yang salah satunya melalui peningkatan dividen.

“Jangan lupa, BUMD itu harus ambil bagian juga mendukung pembangunan daerah, salah satunya ya berikan cuan dari dividen,” tegasnya.

Wahyu pun berharap jajaran direksi pada tiga BUMD itu semakin kreatif dan inovatif mengejar target yang telah disepakati.

“Saya pribadi berharap target yang udah disepakati kemarin itu bisa tercapai tahun depan,” harapnya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here