Perumahan Taman Harapan Indah mengalami kebanjiran usai diguyur hujan deras, Senin (23/10/2023). F:Sijoritoday.com/ Immanuel Patar Mangaraja Aruan

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Perumahan Taman Harapan Indah, Kota Tanjungpinang kembali mengalami kebanjiran usai diguyur hujan deras, Senin (23/10/2023).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tanjungpinang, Rusli mengatakan, banjir terjadi akibat tanggul penahan banjir jebol.

“Jebol itu sudah dari kemarin waktu hujan lebat pertama, sekarang sedang kita perbaiki,” katanya, Senin (23/10/2023).

Menurutnya, drainase ini memang sedang dalam masa percobaan untuk mengetahui kekuatan bangunan penaham banjir tersebut.

Apalagi menurutnya waktu pekerjaan penanganan banjir di Perumahan THI juga masih tersisa 180 hari kedepan.

“Memang ini percobaan, jadi sekarang kita sudah tahu kelemahannya akan kita perbaiki tapi menunggu cuaca tidak hujan lagi,” ujar Rusli.

Untuk menangani drainase yang jebol ini, menurutnya PUPR akan mengganti struktur drainase agar lebih kuat menahan hantaman air dari beberapa lokasi di sekitar perumahan.

“Memang kemarin sempat tidak banjir lagi, karena belum jebol. Sekarang karena airnya dari tiga titik itu terlalu deras makanya jebol, dan banjir lagi,” katanya menjelaskan.

Masa pengerjaan hingga masa perawatan ditargetkan selesai pada Maret 2024 mendatang.

“Kalau belum selesai pekerjaannya, kita tentu tidak bisa jamin tidak terjadi banjir, tapi kalau udah selesai insyaallah,” tambahnya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here