Proses pelipatan surat suara di Kantor KPU Bintan yang dilakukan oleh masyarakat dengan pengawasan dari petugas KPU dan Bawaslu Bintan, Rabu (10/1). Foto dokumentasi KPU Bintan

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan mencatat ada 193 lembar surat suara yang diterima mengalami kerusakan. Kerusakan ini ditemukan saat petugas KPU melakukan proses pelipatan surat suara sejak 4 Januari 2024 kemarin.

“Total sampai dengan tanggal 9 Januari 2024, kita menemukan ada 193 lembar surat suara yang rusak,” sebut Ketua KPU Bintan Harris Daulay, Rabu (10/1) siang.

Ia merincikan, surat suara yang rusak untuk kertas pemilihan DPRD Kabupaten berjumlah 81 lembar, untuk kertas DPRD provinsi sebanyak 104 lembar serta DPR Ri sebanyak lembar.

Kerusakan surat suara menurut dia, didominasi karena sobek, keriput serta cetakan tinta yang sebagian menutupi nama maupun nomor urut calon peserta pemilu.

Saat ini, pihak KPU masih melakukan proses pelipatan untuk surat suara DPD RI dan akan dilanjutkan dengan pelipatan surat suara presiden dan wakil presiden.

“Untuk surat suara seperti di dapil Bintan 2, itu kita laporkan untuk penambahan karena tidak sesuai dengan kebutuhan kita,” katanya.

Ia melanjutkan, pengajuan penambahan surat suara untuk pemilihan DPRD kabupaten di dapil 2 dikarenakan sejak awal diterima KPU sudah kurang sebanyak 35 lembar.

“Pada saat proses pelipatan, kita temukan ada 22 lembar yang rusak untuk kertas DPRD kabupaten di dapil Bintan 2. Kita laporkan ke provinsi untuk penambahan,” terangnya.

Harris mengatakan, target pelipatan kertas surat suara yang semula bisa selesai dalam waktu sepekan, ternyata meleset. Ia menambahkan, KPU terpaksa menambah jumlah petugas yang melipat surat suara. (oxy)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here