Excavator amfibi sedang melakukan normalisasi parit di Kota Pekanbaru, Senin (15/1/2024). F:Sijoritoday.com/Superleni

PEKANBARU, SIJORITODAY.COM – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau menurunkan excavator amfibi untuk mengatasi banjir di Kota Pekanbaru.

“Iya, kita turunkan ekskavator Amfibi di Jalan Siak IV Pekanbaru untuk normalisasi parit dan drainase di sana,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah I, Khairul Anwar, Senin (15/1/2024) kemarin.

Ia mengatakan, upaya tersebut menindaklanjuti intruksi Gubernur Riau terkait penanganan banjir di Riau. Dimana semua pihak agar dapat melakukan langkah-langkah kongkrit, termasuk UPT Jalan dan Jembatan.

“Jadi pak Kadis memerintah seluruh UPT Jalan dan Jembatan Dinas PUPR-PKPP untuk tanggap melakukan penanganan banjir di wilayah masing-masing. Sebab saat ini curah hujan cukup tinggi,” sebutnya.

Atas arahan itu, lanjut Khairul, pihaknya mendapatkan laporan bahwa di jalan Siak IV terjadi genangan air akibat pasang keling Sungai Siak, akibat tingginya curah hujan belakang ini.

“Untuk itu, kami diperintahkan pak Kadis untuk menurunkan ekskavator amfibi untuk membersihkan saluran drainase jalan dan parit Belanda. Sehingga diharapkan ketika drainase dan parit tersebut dibersihkan, maka air bisa lebih cepat mengalir ke Sungai Siak,” terangnya.

Khairil menyampaikan, alat berat ekskavator amfibi tersebut diturunkan ke lokasi pada Rabu (10/1/2024) lalu dan alat mulai bekerja, Kamis (11/1/2024).

“Saat ini alat masih di lokasi, masih bekerja. Jadi untuk langkah kongkrit kita sementara membersihkan aliran air, agar badan jalan Sudirman ujung tidak tergenang air lagi,” tandasnya.

Penulis: Superleni
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here