Syarif Ahmad, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Anambas. F:Sijoritoday.com/Een

ANAMBAS,SIJORITODAY.com – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPRKP) Anambas akan melakukan dua pekerjaan untuk mengantisipasi banjir di Siantan atau Tarempa.

Pekerjaan tersebut seperti revitalisasi Sungai Sugi Tarempa sebagai jalur keluarnya air menuju ke laut dan juga pembuatan kolam retensi untuk menahan debit air sebelum turun langsung ke hilir.

Kepala DPUPRPRKP Anambas, Syarif Ahmad menjelaskan, anggaran revitalisasi sungai menggunakan APBD 2024.

“Pada tahun 2024 ini, kita akan membuat jalur air yang baru di Sungai Sugi, merekayasa aluran air langsung ke luar dengan membuat 2 sodetan baru agar air dari darat langsung mengarah kelaut menggunakan anggaran APBD sekitar 10 Miliar,” jelasnya, Selasa (16/01/2024).

“Ini kita lakukan sebagai upaya pencegahan banjir di Tarempa, karena dengan adanya sodetan baru diharapkan air yang mengalir dari darat dapat langsung mengarah kelaut sehingga tidak menjadi penumpukan di Sungai Sugi yang menyebabkan banjir,” sambungnya.

Tidak hanya itu, rencana pembangunan Kolam Retensi juga akan dilakukan oleh DPUPRPRKP Anambas, mengingat sebelumnya telah dilakukan peninjauan langsung dari Anggota DPR RI Dapil Kepri, Cen Sui Lan dan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera untuk mengalokasikan anggaran agar terealisasi.

“Kolam Retensi atau folder penahan banjir juga akan kita buat nantinya, agar air hujan yang ada bisa ditampung terlebih dahulu. Perencanaannya dengan anggaran 30 Miliar melalui koordinasi dengan Anggota DPR RI dan BWS Sumatera untuk mengalokasikan hal ini agar terlaksana, ya kita berharap hal ini bisa terwujud untuk mengantisipasi banjir lebih maksimal,” terangnya.

Syarif juga menuturkan, pagu anggaran DPUPRPRKP Anambas pada tahun 2023 sebesar 283 Miliar, sedangkan untuk tahun 2024 ini hanya 83 Miliar, anggaran tersebut sudah termasuk dengan pembayaran belanja pegawai, namun akan tetap dimaksimalkan dengan beberapa pembangunan prioritas yang dilaksanakan pada tahun ini.

“Kita mempunyai 8 pekerjaan prooritas di 2024 bersumber dari pagu anggaran yang ada, seperti Sodetan drainase sungai sugi menuju kelaut, tempat penampungan air di wilayah tanjung, pembangunan gedung serbaguna di Jemaja, Masjid di beberapa desa, pembukaan dan lankutan jalan di beberapa titik serta lanjutan pembangunan pelantar beton dari Tebang ke Belibak,” tuturnya.

Penulis: Een
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here