Imron Rosyadi, Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau. F:Sijoritoday.com/Superleni

PEKANBARU, SIJORITODAY.com – Pemprov Riau akan menyalurkan Rp109 miliar beasiswa pendidikan bagi mahasiswa Riau pada tahun ini.

Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Imron Rosyadi mengatakan, beasiswa untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Riau.

Diketahui, kurun waktu tahun 2019-2023, Pemprov Riau telah menyalurkan Rp372 miliar kepada 29.093 mahasiswa yang menempuh pendidikan didalam dan luar negeri.

“Karena itu sejak tahun 2019-2023 telah disalurkan beasiswa sebesar Rp372 M lebih kepada mahasiswa Riau. Sedangkan untuk tahun 2024, Pemprov Riau juga kembali menyediakan beasiswa senilai Rp109 M lebih,” katanya, Senin (22/1/2024).

Lebih lanjut dikatakannya, bantuan beasiswa ini akan diajukan oleh masing-masing universitas, dengan syarat-syarat yang ditetapkan oleh Pemprov Riau.

Pihaknya berharap beasiswa untuk jenjang pendidikan D3 dan S1 ini, bisa membantu masyarakat kurang mampu.

“InshaAllah dalam waktu dekat ini kita akan mengundang universitas yang ada di Riau, untuk pengajuan bantuan sosial beasiswa. Persyaratannya nanti disusun sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya.

“Tentunya kita akan mengundang seluruh kampus yang ada di Riau. Bisa jadi dalam bulan ini kita buka, tapi kami membahas dulu persyaratannya dengan pihak-pihak terkait,” sambungnya.

Dijelaskan Imron, pada tahun yang lalu kampus mengajukan bantuan sosial beasiswa sebanyak 74 kampus, dengan jumlah mahasiswa penerima bantuan sebanyak 1.300 lebih mahasiswa.

Pengajuan beasiswa ini diajukan kampus-kampus setelah mendapatkan proposal dari mahasiswa.

“Hampir seluruh universitas baik negeri dan swasta yang mangajukan beasiswa ini. Tahun lalu ada sekitar 1.300 mahasiswa penerima beasiswa dari Pemprov Riau. Insha Allah beasiswa lainnya untuk S2 dan S3 juga ada, ketika dibuka akan kami sampaikan,” tambahnya.

Penulis: Superleni
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here