Kepala DiskopUKM Kepri, Riki Rionaldi saat menghadiri pengukuhan BPC HIPMI Kota Tanjungpinang. F:Sijoritoday.com/istimewa

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terus mendorong pelaku usaha untuk segera mengurus dan memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB.

Selain sebagai legalitas usaha, NIB juga akan membantu pemerintah untuk memantau pertumbuhan usaha karena sudah teregister dalam database.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DiskopUKM) Kepri, Riki Rionaldi mengatakan, dari 156 ribu pelaku UMKM, 60 persen belum mengurus NIB.

“Kami mendorong agar pelaku usaha UMKM Kepri antusias untuk mengurus NIB,” katanya, Minggu (21/4/2024).

Riki menjelaskan, dengan NIB, pemerintah juga dapat mengetahui jenis usaha yang sedang berkembang dan serapan tenaga kerja.

Selain itu, pelaku usaha juga akan mendapat berbagai program pengembangan usaha dengan tepat sasaran.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mendampingi Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mencicipi produk UMKM di Hotel Marriott Harbour Bay, Kota Batam. F:Sijoritoday.com/istimewa

Dengan mengantongi NIB, pelaku usaha dapat mengikuti pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh pemerintah.

“Kalau pelaku usaha di Kepri sudah punya NIB, bisa masuk e-katalog, sehingga bisa ikut andil dalam pelelangan dan seterusnya,” jelasnya.

Riki yang juga pernah menjabat Sekretaris Disperindag Kepri itu menegaskan, Gubernur Ansar Ahmad telah memerintahkan DiskopUKM untuk mendorong pelaku usaha daftar NIB.

Ini untuk memudahkan pemerintah pusat dan OPD Pemprov Kepri serta kabupaten/kota untuk memberikan pelatihan dan pembinaan lebih tepat sasaran sesuai kebutuhan.

“Pak Gubernur mengamanahkan tugas khusus untuk membuat program Pembinaan UMKM yang lebih detail, mendalam dan komperhensip. Program dan kegiatan yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan dan tantangan global yang dihadapi UMKM untuk secara berkelanjutan terus bertumbuh, naik kelas dan mengglobal,” tegasnya.

Riki pun mengimbau seluruh pelaku usaha yang ada di Kepri untuk segera mengurus NIB.

“Kami mengimbau pelaku usaha tolong diproses NIB nya, karena dengan punya NIB kami akan semakin mudah melakukan pembinaan,” imbaunya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here