Peluncuran SIM Online

0
1191

HUKUM - PELUNCURAN SIM ONLINE - Foto2BATAM, SIJORI TODAY, com – Sistim Surat Ijin Mengemudi (SIM) Online secara Nasional terakses di 48 Polisi Resor Kota seluruh Indonesia resmi diluncurkan Direktorat lalu Lintas Kepolisian Daerah Kepulauan Riau.

Sistem Sim Online resmi diluncurkan di Kota Batam dengan bertemakan “Sehari Bersama Polantas”. Dalam peluncuran yang dilaksanakan didepan Kantor Pemerintah Kota Batam, dihadiri langsung Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, Sekretaris Daerah Pemerintahan ProvinsiKepulauan Riau, Direktur Lantas, Kapolresta Barelang, Kepala Jasa Raharja Kepri, serta masyarakat yang turut memeriahkan peluncuran dengan konvoi sebanyak 500 motor roda dua dan 100 mobil berasal dari berbagai club.

“Perpanjangan SIM secara Online dari berbagai daerah di Indonesia bisa dilakukan melalui koneksi server yang ada di Korp Lalulintas Polresta Barelang,” demikian diungkapkan Direktur Lalulintas Polda Kepri Kombes Edi Suyanto, Minggu(06/12).

Lebih kurang 45 satuan penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) yang terkoneksi dengan pihak Direktorat Lalulintas Polda Kepri.

Pada hari peluncuran Satu Hari Bersama Polantas, pihak Kepolisian hanya melayani perpanjangan SIM dengan proses 10 menit langsung jadi. Pemohon SIM dapat mengunakan E-KTP dari seluruh daerah Indonesia.

“Untuk biaya perpanjangan masa berlaku SIM C hanya Rp75 ribu, sedangkan SIM A hanya Rp 100 ribu. Sehinga bagi pendatang tidak perlu pulang kampung,” Ujarnya.

Sistem perpanjangan SIM Online ini terintegrasi dengan Kartu Tanda Penduduk, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan juga terhubung langsung dengan catatan Kepolisian. Sistem juga terintegrasi dengan Bank BRI sebagai Bank penerima pembayaran.

Pihak Kepolisi juga menyediakan sebanyak 3 unit bus keliling guna melayani perpanjangan masa berlaku SIM. Di dalam setiap unit bus , telah dilengkapi perlengkapan pembuatan SIM. Pelayanan SIM ini adalah untuk keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas. SIM sebagai uji kompetensi bagi masyatakat agar dapat mengemudikan kendaraan secara benar, aman dan selamat.” ujar Kombes Edi Suyanto.(pet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here