BATAM, SIJORI TODAY, com — Komisi Pengawas Persaingan Usahan (KPPU) Kota Batam melakukan sidak harga jual danging sapi dan daging ayam dipasar tradisional Toos 3000 dan Pujahari, Kecamatan Batu Ampar. Sabtu(09/01).

Sidak harga daging sapi dan daging ayam ini dilakukan KPPU secara serentak seluruh wilayah Indonesia, pasca ditemukan kelangkaan daging diwilayah Jawa karena adanya dugaan permainan kartel sehingga menyebabkan daging segar langka dipasar.

“Sidak kepasar tradisional serentak digelar diwilayah Indonesia karena adanya dugaan temuan disejumlah daerah kelangkaan daging akibat permainan kartel,,”Kata Lukman Sungkar Ketua KPPU wilayah Sumatra, Kepri, Riau, Bangka Belitung dan Bengkulu.kemarin.

Kata Dia, dari hasil sidak sementara belum ditemukan kelangkaan daging sapi dan daging ayam di Batam, justru kami temukan harga daging sapi segar dua tahun ini tidak mengalami kenaikan dan tetap di harga Rp120 ribu.

Lanjut Dia, dari hasil sidak didua pasar yakni pasar tradisional, diketahui daging import lebih condong digemari warga dibanding daging sapi segar dan ini akibat faktor selisih harga yang cukup siknifikan.

“Daging Import perkilonya Rp80 ribu sedangkan daging segar berkisar Rp120 perkilo,” Ujarnya.

Kata Dia, lain halnya dengan daging ayam potong yang ada di Batam dimana saat ini terjadi penurunan harga berkisar dua ribuan, harga saat natal dan tahun baru berkisar Rp37 ribu ekor yang disupley dari peternakan barelang, namun kalau stok kurang maka pedagang datangkan dari Tanjung Pinang.

“Kalau daging ayam potong  persediaan justru cukup dan harga malah turung walapun relatif kecil, ” Ujarnya.

Ia menambahkan, sidah yang dilakukan merupakan untuk mengawasi persaingan usaha agar tidak dikuasai kartel, sehingga harga selalu stabil, namun penurunan BBM belum ada berdampak terhadap masyarakat.

Dan untuk daging Import asal australi merupakan legal karena sudah dinyatakan bebas penyakit tetapi daging lainnya asal India belum ada kami temukan,” Tutupnya. (pet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here