3 TSK BNNPBATAM, SIJORI TODAY.com—Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center menjadi pintu masuk favorit narkotika dari negara tetangga Malaysia. Dalam kurun waktu November – Desember 2015,  petugas Bea Dan Cukai telah menangkap Tiga Orang  Kurir Narkotika Lintas Negara serta satu tas ransel  tak bertuan yang berisi narkotika  di Pelabuhan yang berlokasi di pusat Kota Batam.

Ketiga Tersangka masing masing inisial US, serta sepasang suami istri Tersangka inisial EK dan HR. Tersangka US ditangkap pada Selasa (24/11/2015) ketika baru saja tiba dari pelabuhan Stulang Laut Johor Malaysia. Dari tangan Tersangka US, petugas Bea dan Cukai Pelabuhan Ferry Internasional mendapati narkotika Golongan Satu jenis sabu seberat 233 gram.

Sebelumnya masih di bulan yang sama, pada hari Jum’at 4 November 2015, petugas X-Ray barang bawaan penumpang menemukan satu tas ransel merek VZTEC, setelah dilakukan pemeriksaan petugas Bea dan Cukai menemukan 5 (lima) bungkus plastik narkotika jenis sabu seberat 517 gram. Narkotika asal Malaysia disamarkan dengan cara dibungkus dengan kemasan MILO.

Tidak ada penumpang yang mengakui tas ransel berwarna hitam berisi narkotika jenis sabu tersebut. Hasil pemeriksaan rekaman kamera pengawas juga tidak dapat mengetahui pemilik dari tas ransel berwarna hitam. Diduga pemilik tas berhasil melarikan diri pada saat petugas mulai memeriksa tas ransel miliknya.

“ Pada saat tas ransel dilakukan pemeriksaan oleh petugas penumpang di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center sedang ramai, sehingga menyulitkan petugas mengetahui pemilik tas” ujar Abd Zurkarnain M petugas Bea Dan Cukai Batam, Senin 11/01/2016 di Kantor Badan Nasional Narkotika Provinsi Kepulauan Riau.

Sementara itu, pasangan suami istri Tersangka inisial HR dan EK berhasil ditangkap dengan barang bukti masing masing, Tersangka HR membawa Sabu seberat 349 gram, sedangkan sang istri Tersangka inisial EK didapati sabu seberat 85,86 gram.

Tersangka EK ditangkap di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center pada Jum’at 11 Desember 2015 sedangkan Tersangka HR yang merupakan suami dari Tersnagka EK ditangkap Petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Hang Nadim. Rencanya Narkotika jenis sabu asal Malaysia akan dibawa menuju ke Surabaya Jawa Timur.

Pihak Bea Dan Cukai Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center dan Bandara Internasional Hang Nadim telah menyerahkan ketiga Tersangka pada pihak Badan Nasional Narkotika Provinsi Kepri untuk penyelidikan dan penyikan lebih lanjut.

Menunggu proses selanjutnya, kini ketiga tersangka mendekam di sel tahan BNNP Kepuluan Riau . Ketika Tersangka dikenakan pasal 112 dan pasal 114 Undang Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009. (pet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here