KM Jondra Putra kedapan membawa 60 ton Beras seludupan dari Singapura. Kasubdit Gakum Ditpolair Mabes Polri Kombes Pol YS Widodo melakukan pemeriksaan diatas kapal, Kamis (28/01/2016)

BATAM, SIJORI TODAY.com—Kapal Motor Jondra Putra GT 148 No.62/cca ditangkap Patroli Direktorat Polisi Air Markas Besar Polisi Republik Indonesia, Kamis (28/01/2016).

Dari perairan perbatasan Batam, Kepulauan  Riau dan Singapura, kapal kemudian digiring menuju sebuah pelabuhan pribadi  yang berlokasi di Tanjung Sengkuang, Batu Ampar.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dari dalam palka kapal polisi menemukan sebanyak  60 Ton beras, 5 Ton  gula pasir serta buah buhan impor yang diduga kuat berasal dari negara tetangga Singapura.

Kasubdit Gakum Ditpolair Baharkam Mabes Polri , Kombes Pol Ys Widodo mengungkapan, “Barang muatan KM Jondra Putra merupakan milik inisial HY dengan Nahkoda RR serta kapal diketahui milik inisial Haji N.

“Dugaan sementara pihak kepolisian mereka telah melanggar pasal 102 Undang Undang Nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan”. ujar Widodo.

Untuk mengelabui petugas Kepolisian beras produksi Thailand yang di impor secara illegal dari Singapura telah dilakukan pergantian kemasan dengan kemasan merek 5 Bintang AA dengan berat per karung 25 kilogram. Polisi juga menemukan sejumlah barang bukti berupa kemasan beras yang tidak terbakai dari atas kapal.

Selanjutnya pihak Ditpolair Mabes Polri kan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap penangkapan beras dan gula impor seludupan dengan bekerjasama dengan institusi lain seperti Bea dan Cukai serta Karantina.

Penulis : red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here