BINTAN, SIJORITODAY.com – – Dalam rangka menumbuhkan kembali semangat gotong royong, peserta KKN Kebangsaan 2016 yang merupakan gabungan dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Universitas Indonesia (UI) melakukan gotong royong (Goro) bersama puluhan masyarakat Desa Pengujan.

Ketua Pelaksana, Linda Putri Resmana mengatakan gotong royong mulai sekitar pukul 14.00 bertujuan untuk menumbuh kembali rasa semangat gotong royong masyarakat di Desa Pengujan.

Selain itu, menuruntnya gotong royong ini juga menigkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kebersihan.

“Selama ini semangat gotong royong sudah mulai memudar di kalangan masyarakat, oleh karena itu kami mengajak masyarakat untuk melakukan gotong royong agar kembali mengairahkan semangat gotong royong,” Ungkapnya, Minggu (06/8)

Lebih lanjut, Linda menyampaikan goro ini merupakan program penunjang untuk program inventarisasi eko wisata. Menurutnya eko wisata merupakan program wajib dari KKN Kebagsaan 2016 yang harus di jalankan.

Eko wisata yang akan di kembangkan dan akan di promosikan melalui web. kata Linda, yaitu Makam Keramat Panjang, Pantai Pasir Pandak.

“Goro dilakukan sepanjang jalan menuju makam panjang dan Pantai Pasir Pandak, untuk menunjang eko wisata yang akan di promosikan,” Katanya.

Selain menumbuh kembali semangat gotong royong di masyarakat, Mahasiswa dari prodi sastra jerman Universitas Indonesia ini juga berharap dapat membangunkan rasa kebersamaan antar warga dan peserta KKN Kebagsaan 2016.

Selain itu, para Mahasiswa berharap dapat mengembangkan spot spot pariwisata, kedepannya dapat menjadi ikon eko wisata Desa Pengujan.

“Sehingga bisa menarik minat wisatawan untuk singgah di Desa Pengujan, kami selaku peserta KKN Kebangsaan ingin mengabdikan diri bersama-sama untuk membangun desa ini untuk menjadi lebih baik dan memiliki potensi wisata yang layak untuk di kunjungi,”Tuturnya

Selain goro, Linda menambahkan juga dibuat penamaan untuk makam panjang dan Pantai Pasir Pandak.

Sementara itu, Zulfitri Kepala Desa Pengujan mengatakan sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Peserta KKN Kebangsaan 2016, menurutnya selama kegiatan ini bersipat positif akan selalu mendukung.

“Dilakukan ini untuk kepentingan desa kami, saya selaku kepala Desa akan selalu mendukungnya,” ungkapnya di sela-sela goro.

Terkait dengan eko wisata yang akan di promosikan melalui web, ia mengatakan sebelumnya memang Desa Pengujan sudah di rencanakan menjadi ikon pariwisata.

“Sudah di rencanakan sebelumnya menjadi ikon wisata, namun sampai sekarang untuk pengembangan belum memiliki angaran, mungkin kita membutuhkan pihak ketiga untuk melakukan pengembangan,” Pungkasnya.

Penulis : Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here