Pengasuh Ponpes Tahfizh Baitul Qur’an Singkep, Kabupaten Lingga, Abu Hasim menyampaikan sejumlah program Ponpes. Foto : ruzi

LINGGA, SIJORITODAY.com— Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfizh Baitul Quran Singkep, Kabupaten Lingga akan mengadakan milad yang ke-4 kalinya pada, Sabtu (03/01) mendatang. Pimpinan Ponpes telah menyiapkan sejumlah program yang diharapkan akan terlaksana pada tahun 2017.

Pengasuh Ponpes Tahfizh Baitul Qur’an Singkep, Abu Hasim mengatakan, kedepannya program pondok pesantren mencoba membantu pemerintah untuk menyiapkan imam cadangan pada setiap mesjid dan surau dengan pola mondok 1 tahun. Nantinya para imam cadangan akan diberikan materi pelatihan kemampuan menjadi imam dan khotib.

“Target kita selama 1 tahun mondok mereka hafal 2 juz ditambah surat-surat pilihan. Disamping itu juga kita akan menambahkan ilmu dan skill bagi calon imam bidang ilmu lainnya seperti pertanian, perikanan dan peternakan. Kita akan bekerja sama dengan beberapa ahli petani tangguh dan mereka siap membantu adapun rencananya program tersebut akan dimulai Januari tahun mendatang,” ungkapnya, Jum’at (02/09).

Selain itu program yang pernah dicanangkan wakil Bupati Lingga periode lalu, membuka sekolah formal setingkat SMA yang memiliki ciri khas Hafizh Qur’an. Dimana siswa akan mendapatkan ijazah formal setingkat SMA dan ijazah Hafal 30 Juz hafizh Qur’an setelah mereka lulus menyelesaikan pendidikan.

Abu Hasim selaku pimpinan Ponpes Tahfizh Baitul Qur’an akan mencoba berkoordinasi dengan pemerintah daerah baik Kabupaten maupun Provinsi untuk mewujudkan rencana tersebut pada tahun 2017 yang akan datang. Bahkan akan diupayakan agar para lulusan dari sekolah tersebut mendapatkan beasiswa penuh untuk melanjutkan kejenjang perguruan tinggi.

“Untuk program ke tiga kita akan melaksanakan kegiatan menghimpun buku atau berinfaq buku. Kita sudah sosialisasikan ke seluruh masyarakat yang mana mereka mau menyumbangkan buku-buku yang baik dibaca yang nantinya akan kita adakan kegiatan masyarakat membaca baik itu santri disini maupun masyarakat umum lainnya.

Adapun tujuannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa terutama masyarakat kita. Harapan kita semoga kegiatan ini dapat berlangsung dan terlaksana dengan sebaik-baiknya dukungan dan doa dari segenap masyarakat kita harapkan,” terangnya.

Kegiatan milad juga akan dibarengi dengan tablig akbar yang diisi oleh seorang dai kondang dari Jawa Barat yakni, KH Musyfiq Amrullah. Kemudian prosesi wisuda bagi para santri yang telah hafal 1 juz, 5 juz dan 30 juz.

Rencananya pada milad ke-4 Ponpes Tahfizh Baitul Qur’an Singkep akan turut dihadiri langsung Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, Komandan Korem Tanjungpinang, Bupati Lingga beserta wakil, instansi pemerintah Kabupaten Lingga, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta masyarakat Kecamatan Singkep.

Penulis : ruzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here