ANAMBAS, SIJORITODAY.com – – Komunitas Merah Putih (KMP) Kepulauan Riau, mengajak masyarakat didaerah perbatasan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Minggu (16/10/2016).

Hal ini, disampaikan Muh. Arifin, aktifis KMP Kepri dalam kegiatan dialog wawasan kebangsaan di Anambas, belum lama ini.

“Menjaga dan merawat NKRI adalah tugas bersama, apalagi didaerah perbatasan,” katanya. Arifin menyebut, bahwa peran semua pihak dalam melihat potensi perbatasan terutama, sektor maritim sangat perlu didukung.

“Kepri memiliki wajah maritim yang sangat cerah, potensi dilaut masih perlu digarap dengan serius. Kepri sebagai poros maritim Indonesia perlu didukung, semua elemen,” sebutnya.

Lanjutnya, Kepri adalah provinsi kepulauan, dengan garis pantai terpanjang. Program nawa cita Jokowi Jk sangat cocok untuk dikembangkan di Kepri, dimana salah satu poin bawa citanya adalah membangun dari pinggiran dan pesisir.

“Keuntungan geografis ini, perlu segera ditangkap. Apalagi isu perbatasan, adalah isu yang selalu bergulir,” paparnya.

19 pulau terdepan di Kepri, perlu juga untuk dikemas dan dipasarkan. Sehingga mengunjungi pulau-pulau di perbatasan adalah seperti mengunjungi objek wisata.

“Masing-masing pulau di perbatasan Kepri, memiliki karakteristik dan potensi masing-masing. Pemerintah tentu harus lebih jeli, memanfaatkan potensi ini untuk meningkatkan nilai tambah bagi daerah,”pungkasnya.

Ditambah lagi Isu perbatasan sangat sensitif terkait kedaulatan negara. Kehadiran negara didaerah perbatasan perlu diwujudkan dalam program-program yang tepat sasaran.

“Perhatian pemerintah untuk memenuhi hajat hidup masyarakat di daerah perbatasan perlu digesa. Sektor pendidikan, kesehatan serta pemenuhan infrastruktur seperti jalan, sekolah dan penerangan perlu segera mungkin direalisasikan,” ungkap mantan presiden mahasiswa fakultas ekonomi Umrah ini.

Kegiatan wawasan kebangsaan, dengan tema ‘Penguatan Wawasan Kebangsaan di Wilayah Perbatasan Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI’ menghadirkan narasumber dari berbagai lintas instansi.

Hadir sebagai narasumber, Danlanal Tarempa, perwakilan Kapolsek Siantan, Camat Siantan serta PGRI Kabupaten Anambas. Kegiatan yang dihadiri sekitar 100 peserta itu, mendapat respon positif.

 

 

Penulis : Eb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here