LINGGA, SIJORITODAY.Com – – Pengelola aset wisata Desa Benan, Kecamatan Senayang, Sahlan minta agar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lingga berbenah.

Hal tersebut diungkapkannya memandang Desa Benan merupakan salah satu desa wisata di pintu gerbang masuk Kabupaten Lingga yang memiliki wisata bahari cukup menawan.

Disampaikannya, sebagai pengelola Home Stay Desa Benan, di tahun 2016 lalu ada sekitar 1000 pengunjung yang datang ke desa wisata tersebut. Baik itu wisatawan lokal, maupun mancanegara. Padahal, promosi desa wisata itu hanya dilakukan terbatas melalui media sosial serta kabar dari mulut ke mulut.

“Saya jamin kalau pemerintah melalui dinas terkait bisa mengemas desa wisata Benan ini secara apik seperti promosi yang lebih lagi pasti di tahun 2017 pengunjung yang akan ke Pulau Benan ini jauh akan meningkat,” ungkapnya ketika dihubungi Sijoritoday.com, Kamis (19/01).

Dikatakannya, home stay yang tersedia tersebut, lumayan jauh dari perkampungan warga. Sehingga, untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung yang menginap di home stay tentu saja butuh tenaga keamanan untuk menjaga keamanan lokasi.

Selama ini, untuk mengelola home stay yang terbangun di pinggiran pantai tersebut, dirinya turut dibantu 7 orang temannya. 5 orang mendapat gaji dari pemerintah sebagai Tenaga harian lepas (THL) sedangkan untuk 3 orang lagi mereka iuran dari hasil gaji dari pemerintah tersebut.

“Kami juga berharap kepada pemerintah melalui dinas terkait untuk menambahkan fasilitas penunjang lainnya agar pengunjung merasa nyaman dan betah bila berkunjung ke sini,” harapnya.

Selain itu, ia juga berharap fasilitas penunjang lainnya juga harus diperhatikan pemerintah seperti pengecatan home stay, pemasangan keramik kamar mandi, penerangan jalan, sampan kano yang saat ini hanya 6 unit yang masih bagus, perahu karet 2 unit sudah bocor, alat snokling yang tersedia 10 unit serta alat diving ada 12 unit sama sekali tidak bisa digunakan karena mesin pengisian gas rusak sudah hampir 2 tahun.

Sekedar informasi, bagi para pengunjung yang ingin menikmati indahnya wisata bahari di Pulau Benan, tidak perlu merogoh saku dalam-dalam untuk menginap di home stay yang tersedia. Di Pulau Benan ini cukup standard cottage yang 1 kamar hanya di bandrol Rp120 ribu permalam. Sedangkan cottage 2 kamar hanya Rp200 ribu permalam dan harga tersebut  termasuk biaya BBM.

 

Penulis: Nondo/Rzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here