KC Bank BRI Batam Centre & Nagoya memberikan Bantuan Pangan Non Tunai kepada warga kurang mampu. Foto : putra

BATAM, SIJORITODAY.com — Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Batam. Program dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos) ini merupakan implementasi dari arahan langsung Presiden Jokowi yang bertujuan agar setiap bantuan sosial dan subsidi, disalurkan secara non tunai.

Peluncuran program dari pemerintah ini dilakukan di tiga tempat berbeda di Batam. Salah satunya di Perumahan Cendana Batam Kota. Di lokasi Perumahan Cendana Blok C-3 No 4 yang dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemko Batam Gintoyono Batong serta beberapa pejabat lain.

Anis Abdul Hakim, Kepala Cabang BRI Batam Center menjelaskan, saat ini pihaknya menggunakan sistem perbankan. Penyaluran bantuan secara non tunai akan memberi kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan. BPNT didistribusi melalui combo berupa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dikeluarkan oleh Himpunan Bank Negara (Himbara).

“Ini Program dari pemerintah pusat, Bank BRI ditunjuk langsung sebagai penyalur akan berperan aktif agar bantuan ini benar-benar tersalurkan kepada orang yang berhak mendapatkannya” kata Anis, Rabu (23/02).

Di tempat yang sama, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Batam, Gintoyono Batong mengatakan saat ini jumlah warga miskin di Batam mencapai 36 ribu jiwa. Angka tersebut berdasarka  verifikasi penerima bantuan beras miskin (Raskin) tahun ini di 12 kecamatan kota Batam.

“Dengan adanya bantuan pangan non tunai ini, diharapkan dapat mempermudah warga miskin di batam. Tapi Ingat ya harus benar-benar miskin, jangan pura-pura miskin pada kenyataannya masih mampu,” tutup Gintoyono.

 

Penulis : Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here